Hati-Hati! Gatal Terus Menerus di Kunci Paha Salah Satu Gejala Diabetes

loading...
Hati-Hati! Gatal Terus Menerus di Kunci Paha Salah Satu Gejala Diabetes
Pada diabetes, kadar glukosa darah bisa menjadi sangat tinggi sehingga dapat memberikan kondisi ideal untuk jamur yang ada secara alami untuk tumbuh. / Foto: Ilustrasi/lifealth.com
A+ A-
JAKARTA - Diabetes tipe 2 dapat disebabkan oleh tubuh yang tidak memproduksi cukup hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Tanpa cukup hormon, tubuh berjuang untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang dapat digunakan.

(Baca juga: Tips Aman Bepergian di Tengah Pandemi Corona)

Adapun salah satu tanda peringatan utama gula darah tinggi adalah gatal pada alat kelamin yang tidak dapat dijelaskan. Menurut Diabetes.co.uk, rasa gatal yang terus menerus di sekitar selangkangan adalah salah satu gejala utama diabetes.

Jika Anda memiliki gula darah tinggi, ini menyediakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur. Hal ini dapat menyebabkan infeksi jamur baik pada wanita maupun pria, yang menyebabkan rasa gatal. Anda akan merasakan sakit seperti terbakar pada alat kelamin, dan menjadi merah atau sakit yang tidak biasa.



"Gatal kelamin pada kedua jenis kelamin adalah masalah iritasi yang dapat disebabkan oleh alergi dan iritasi kulit, atau oleh gangguan dan penyakit yang lebih serius seperti diabetes," tulis situs kesehatan tersebut.

Dalam kasus di mana gatal pada alat kelamin disebabkan oleh iritasi atau alergi, maka untuk mengatasinya disarankan menghindari paparan iritan atau alergen. Pada diabetes, kadar glukosa darah bisa menjadi sangat tinggi sehingga dapat memberikan kondisi ideal untuk jamur yang ada secara alami untuk tumbuh dan juga mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

"Diabetes juga dapat menyebabkan kandungan glukosa yang lebih tinggi dalam urine -tempat lain yang sangat cocok untuk jamur berkembang," ungkap laman Diabetes.co.uk seperti dikutip Daily Express, Jumat (23/10).



halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top