Hati-Hati! Gatal Terus Menerus di Kunci Paha Salah Satu Gejala Diabetes

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 00:20 WIB
loading...
Hati-Hati! Gatal Terus Menerus di Kunci Paha Salah Satu Gejala Diabetes
Pada diabetes, kadar glukosa darah bisa menjadi sangat tinggi sehingga dapat memberikan kondisi ideal untuk jamur yang ada secara alami untuk tumbuh. / Foto: Ilustrasi/lifealth.com
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 dapat disebabkan oleh tubuh yang tidak memproduksi cukup hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Tanpa cukup hormon, tubuh berjuang untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang dapat digunakan.

(Baca juga: Tips Aman Bepergian di Tengah Pandemi Corona )

Adapun salah satu tanda peringatan utama gula darah tinggi adalah gatal pada alat kelamin yang tidak dapat dijelaskan. Menurut Diabetes.co.uk, rasa gatal yang terus menerus di sekitar selangkangan adalah salah satu gejala utama diabetes.

Jika Anda memiliki gula darah tinggi, ini menyediakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur. Hal ini dapat menyebabkan infeksi jamur baik pada wanita maupun pria, yang menyebabkan rasa gatal. Anda akan merasakan sakit seperti terbakar pada alat kelamin, dan menjadi merah atau sakit yang tidak biasa.

"Gatal kelamin pada kedua jenis kelamin adalah masalah iritasi yang dapat disebabkan oleh alergi dan iritasi kulit, atau oleh gangguan dan penyakit yang lebih serius seperti diabetes," tulis situs kesehatan tersebut.

Dalam kasus di mana gatal pada alat kelamin disebabkan oleh iritasi atau alergi, maka untuk mengatasinya disarankan menghindari paparan iritan atau alergen. Pada diabetes , kadar glukosa darah bisa menjadi sangat tinggi sehingga dapat memberikan kondisi ideal untuk jamur yang ada secara alami untuk tumbuh dan juga mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

"Diabetes juga dapat menyebabkan kandungan glukosa yang lebih tinggi dalam urine -tempat lain yang sangat cocok untuk jamur berkembang," ungkap laman Diabetes.co.uk seperti dikutip Daily Express, Jumat (23/10).



Kendati demikian, alat kelamin yang gatal dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, dan tidak selalu berarti menderita diabetes. Reaksi alergi, infeksi bakteri, eksim, atau bahkan menopause bisa memicu rasa gatal. Sangat penting bagi Anda untuk berbicara dengan dokter jika rasa gatal tidak kunjung hilang. Diabetes.co.uk memperingatkan, apabila tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi medis lebih lanjut.

Sementara itu, gejala diabetes umum lainnya termasuk luka atau luka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, rasa haus yang terus menerus, dan buang air kecil lebih banyak dari biasanya.

(Baca juga: Cegah DBD saat Musim Hujan dengan Berantas Sarang Nyamuk )

Tetapi banyak orang mengidap diabetes tanpa menyadarinya, karena tanda dan gejalanya belum tentu membuat Anda merasa tidak enak badan. Anda harus berbicara dengan dokter jika khawatir dengan tanda atau gejala diabetes, atau jika Anda merasa berisiko. Mendiagnosis kondisi ini sejak dini sangat penting, karena pasien lebih berisiko mengalami beberapa komplikasi yang mematikan, termasuk penyakit jantung dan stroke .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)