Yuk, Bikin Teh Jahe Lemon yang Cocok untuk Hangatkan Tubuh saat Hujan

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 17:33 WIB
loading...
Yuk, Bikin Teh Jahe Lemon yang Cocok untuk Hangatkan Tubuh saat Hujan
Perpaduan jahe dengan lemon dan madu dalam secangkir teh sangat cocok untuk menghangatkan tubuh saat hujan. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Perpaduan jahe dengan lemon dan madu dalam secangkir teh sangat cocok untuk menghangatkan tubuh saat hujan.

Jahe kaya akan gingerol, zat dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Hanya dengan 1–1,5 gram jahe dapat membantu mencegah berbagai jenis mual, termasuk mual terkait kemoterapi, mual setelah operasi, dan morning sickness. (Baca juga: Besok! Animasi Bima S Episode: Prof T's Secret Tayang Jam 10 di RCTI, Ini Sinopsisnya )

Lemon kaya akan vitamin C yang menyehatkan jantung dan beberapa senyawa tanaman bermanfaat yang dapat menurunkan kolesterol. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak lemon dan senyawa tanaman dapat meningkatkan penurunan berat badan, tetapi efeknya pada manusia tidak diketahui.

Sementar, madu mengandung sejumlah antioksidan, termasuk senyawa fenolik seperti flavonoid. Mengonsumsi madu dapat membantu penurunan tekanan darah, faktor risiko penting untuk penyakit jantung. Dengan beragam manfaat tersebut, maka tidak ada alasan untuk tidak mencoba minuman ini. Cara membuatnya juga mudah. Berikut resep membuat Teh Jahe Lemon yang dikutip dari Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
2 buah kayu manis
2 cm jahe, parut
1 sdm teh hitam
1 buah lemon
1 sdm madu
750 ml air

Cara membuat:
Panaskan air dalam ketel sampai mendidih. Tambahkan kayu manis, dan biarkan dalam air mendidih selama 5 menit. (Baca juga: Pentingnya Konsumsi Buah Kaya Mikronutrien di Masa Pandemi )

Tambahkan jahe parut, lalu masak di atas api kecil. Terakhir, tambahkan daun teh dan biarkan selama 3-4 menit dalam kondisi ketel tertutup.

Masukan madu dan irisan lemon ke dalam gelas, lalu tuang teh jahe. Teh jahe lemon siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)