Yuk, Mudahnya Merawat Tanaman Janda Bolong di Rumah

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 17:45 WIB
loading...
A A A
Sama seperti tanaman hias lain, tanaman Janda Bolong juga memerlukan campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan yang seimbang. Atau bisa gunakan media tanam berupa campuran daun organik, serat kayu, serta pupuk kompos. Gunanya, selain sebagai media tanam, campuran ini juga bisa menutrisi tanaman sebagai pupuk penyubur alami.

Taruh media tanam serta bibit tumbuhan di pot yang berlubang, agar air sisa penyiraman bisa mengalir, sehingga tanaman tidak busuk. Jangan siram tanaman Janda Bolong setiap hari, cukup 2 kali dalam seminggu untuk menghindari over-watering.

3. Perawatan Secara Rutin

Kelebihan lain dari tanaman ini ialah perawatannya yang relatif mudah. Tambahkan juga vitamin tanaman yang dilarutkan dengan air siraman sebanyak 10 ml setiap 1-2 minggu sekali untuk booster agar muncul tunas baru. Untuk hindari gangguan hama, beri tanaman Janda Bolong dengan pestisida. Jika daun terlihat kusam, bisa juga lap daun menggunakan tisu yang dibasahkan leaf shine.

Sebagai pelengkap, gunakan juga serabut kelapa atau coco fiber di atas media tanam. Selain untuk mempercantik tampilan tanaman, serabut kelapa ini juga berguna sebagai bahan mineral alami bagi tumbuhan. “Alternatif lain jika tidak ingin gunakan coco fiber, bisa gunakan batu atau lumut karena memiliki fungsi yang sama,” ujar Adawiyah.

4. Memperbanyak bibit

Janda Bolong merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dilakukan stek batang. Jika batang Janda Bolong telah mengeluarkan akar-akar gantung, gunting batang yang telah berakar tersebut kemudian pindahkan ke pot lain. Namun, selain di atas media tanam, ternyata Janda Bolong bisa tumbuh di air dengan sama baiknya.

Bagi pemula, Adawiyah mengatakan hindari kesalahan umum seperti menaruh tanaman ini full di dalam rumah.

“Hanya karena ini indoor plant, bukan berarti tanaman ini harus ditaruh di kamar yang tidak bisa masuk sinar matahari. Monstera juga butuh asupan sinar matahari selagi kadarnya tidak berlebihan,” pungkasnya. (mg1)
(sal)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)