Yuk, Mudahnya Merawat Tanaman Janda Bolong di Rumah

loading...


Untuk mengedukasi masyarakat, khususnya pencinta tanaman, Tokopedia bersama pemilik toko Nanem Taneman, Adawiyah Riwan membagikan kiat merawat tanaman Janda Bolong bagi pemula saat virtual workshop urban farming beberapa waktu lalu, yakni :

1. Suhu dan Sinar Matahari

Sejatinya habitat asli Janda Bolong di wilayah Amerika Tengah merupakan daerah tropis, sehingga tanaman ini juga cocok hidup di Indonesia. Tanaman ini ini merupakan plant indoor yang banyak digunakan sebagai dekorasi rumah. Meski begitu, menurut Adawiyah, tanaman yang berada dalam famili Araceae ini jangan ditaruh di tempat yang terlalu tertutup.

“Sama seperti manusia atau hewan, tanaman indoor sekalipun butuh matahari. Jadi, Janda Bolong ini harus mendapat sinar matahari yang cukup, jangan ditaruh di bawah sinar matahari secara langsung, dan jangan tidak sama sekali,” ujar Adawiyah.

Baca juga :Perlu Dicoba Nih! Jualan Janda Bolong Untungnya Gede Lho

2. Penyiraman dan Media tanam.



Sama seperti tanaman hias lain, tanaman Janda Bolong juga memerlukan campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan yang seimbang. Atau bisa gunakan media tanam berupa campuran daun organik, serat kayu, serta pupuk kompos. Gunanya, selain sebagai media tanam, campuran ini juga bisa menutrisi tanaman sebagai pupuk penyubur alami.

Taruh media tanam serta bibit tumbuhan di pot yang berlubang, agar air sisa penyiraman bisa mengalir, sehingga tanaman tidak busuk. Jangan siram tanaman Janda Bolong setiap hari, cukup 2 kali dalam seminggu untuk menghindari over-watering.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top