Efek Samping Konsumsi Vitamin D Dengan Dosis Tinggi

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 20:05 WIB
loading...
Efek Samping Konsumsi Vitamin D Dengan Dosis Tinggi
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Vitamin D merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsinya otot, jantung , paru-paru dan otak. Jenis Vitamin ini dapat membantu tubuh Anda menyerap berbagai mineral, seperti kalsium dan fosfor, yang berperan untuk pembentukan tulang.

Asupan vitamin D dapat anda dapatkan melalui makanan atau suplemen yang bermanfaat bagi kesehatan dalam banyak hal, seperti menurunkan berat badan, mendukung kesehatan tulang, menurunkan depresi, melindungi terhadap penyakit jantung dan sebagainya.

Baca juga : (Vitamin D Rendah Dapat Tingkatkan Kemungkinan Infeksi COVID-19)

Namun, jika anda mengonsumsinya secara berlebihan dan dengan dosis yang tinggi terutama dalam hal suplemen dan obat, ada beberapa efek samping yang justru berbahaya bagi tubuh, berikut adalah efek samping tersebut seperti dilansir Times Now News.

1. Hiperkalsemia

Toksisitas vitamin D menyebabkan hiperkalsemia, dimana tingginya kadar vitamin D dapat menyebabkan peningkatan kalsium yang diserap tubuh Anda dan ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti kehilangan nafsu makan dan tekanan darah tinggi.

2. Kerusakan ginjal

Mengonsumsi vitamin D dengan dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal, itu terjadi karena jumlah vitamin D yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kalsium dalam darah, sehingga menyebabkan kerusakan ginjal.

Baca juga :(Penderita Bronkitis Sebaiknya Konsumsi 5 Bahan Alami Ini!)

3. Tulang lemah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)