Rutin Berolahraga tapi Berat Badan Tetap Naik, Kenapa Ya?

Minggu, 01 November 2020 - 05:05 WIB
loading...
Rutin Berolahraga tapi Berat Badan Tetap Naik, Kenapa Ya?
Tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan bahwa bobot tubuhnya tidak mengalami perubahan meski telah menjalankan rutinitas olahraga. / Foto: Ilustrasi/City Sports Club
A A A
JAKARTA - Memiliki postur tubuh yang ideal merupakan dambaan hampir setiap orang. Berbagai cara dilakukan, salah satunya dengan menjaga pola makan hingga rutin berolahraga . Namun, banyak juga yang mengeluhkan bahwa bobotnya tidak mengalami perubahan meski telah menjalankan rutinitas olahraga.

(Baca juga: Sunat Aman di Masa Pandemi, seperti Apa Protokolnya? )

Banyak faktor yang memengaruhi kenaikan berat badan meski Anda telah berolahraga, jadi Anda tidak perlu khawatir. Berikut beberapa alasan yang dapat membantu menjawab rasa penasaran Anda tersebut sebagaimana mengutip Runners World.

1. Pilihan Makanan

Makanan yang Anda makan memainkan peran utama dalam berat badan Anda. Mempertahankan pola diet yang tepat yang akan membantu penurunan berat badan dengan cepat. Perhatikan jumlah kalori yang dimakan dan kurangi asupan gula secara keseluruhan. Untuk mengerem rasa lapar, cobalah mengganti camilan yang tidak sehat dengan buah-buahan, biji-bijian dan pilihan makanan sehat lainnya.

2. Cepat Puas pada Hasil

Tantangan terbesar pada diet salah satunya adalah diri sendiri. Banyak orang di luar sana mudah puas ketika sudah mendapatkan hasil yang didapat. Ketika sudah mendapatkan berat badan ideal, orang cenderung meremehkan kembali hasil latihan dan merasa kembali dapat makan seenaknya.

3. Massa Otot Bertambah

Sebagian besar orang mengalami penambahan otot alih-alih menurunkan berat badan saat berolahraga. Hal ini dikarenakan otot Anda berbanding lurus dengan hasil latihan, terlebih jika berlatih berat. Massa otot yang makin meningkat ini tentu membutuhkan asupan kalori lebih, sehingga Anda makan lebih banyak. Maka, para ahli menyarankan agar Anda lebih sering melakukan latihan kardio dibanding latihan berat badan.

4. Retensi Motorik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)