Tak Suka Sayuran? Anda Bisa Siasati dengan 7 Cara Ini

Selasa, 03 November 2020 - 16:03 WIB
loading...
Tak Suka Sayuran? Anda Bisa Siasati dengan 7 Cara Ini
Sayuran merupakan sumber banyak nutrisi, termasuk kalium, serat makanan, asam folat, vitamin A, dan C. Sayangnya, ada orang yang tak suka makan sayuran. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sayuran merupakan sumber penting dari banyak nutrisi, termasuk kalium, serat makanan, folat atau asam folat, vitamin A, dan vitamin C. Sayuran rendah kalori, lemak, dan natrium yang membuatnya menyehatkan, bahkan lebih penting untuk tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat kesehatan, sayuran bukanlah favorit banyak orang. Secara khusus, anak-anak tidak suka makan sayuran karena mereka terlalu senang dengan cokelat, burger, pizza, dan lainnya. Namun, menghindari sayuran pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai kekurangan dan masalah kesehatan. (Baca juga: Menstruasi Kerap Menggangu, Ini Cara Membantu Ubah Suasana Hati )

Ini termasuk masalah kardiovaskular dan pencernaan, gangguan metabolisme, sembelit, dan banyak lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi sayuran agar sehat. Seperti dilansir Times of India, bagi Anda yang tidak suka makan sayur, berikut 7 cara kreatif untuk mengonsumsinya lebih banyak.

1. Sup sayuran
Sup adalah cara yang bagus untuk mengonsumsi banyak porsi sayuran sekaligus. Anda bisa membuat sup sayur dengan cara menghaluskannya dan menambahkan bumbu serta berbagai bahan lainnya agar lebih pedas dan menggugah selera. Menambahkan bahkan sedikit sayuran ekstra ke dalam sup adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral.

2. Mie sayur
Mie sayur mudah dibuat, enak, dan cara yang bagus untuk memasukkan lebih banyak sayuran ke dalam rencana makan Anda. Sayuran bisa diparut atau dicincang halus. Setelah itu baru bisa dikonsumsi seperti mie atau pasta dan dikombinasikan dengan saus, sayuran lain, atau daging.

3. Saus
Dengan menambahkan sayuran ekstra ke dalam saus, Anda dapat meningkatkan asupan sayuran, terutama jika anak tidak suka memakannya. Saat Anda memasak saus, tambahkan beberapa sayuran dan bumbu pilihan ke dalam campuran, seperti bawang, wortel, paprika, dan sayuran hijau seperti bayam.

4. Smoothie
Smoothie adalah pilihan yang bagus untuk sarapan atau camilan. Biasanya, smoothie terbuat dari buah-buahan tetapi Anda juga bisa menambahkan sayuran ke dalamnya. Sayuran hijau segar seperti bayam dan kangkung adalah tambahan smoothie yang umum. Selain itu, labu, bit, dan alpukat cocok untuk smoothie.

5. Telur dadar sayur
Semua jenis sayuran rasanya enak dalam omelet dan Anda benar-benar dapat mengisinya dengan banyak nutrisi. Bayam, bawang bombay, jamur, paprika, dan tomat adalah tambahan yang umum. Masak saja beberapa telur kocok dengan sedikit mentega atau minyak dalam wajan, lalu lipat dan tambahkan keju, daging, sayuran, atau kombinasi ketiganya. (Baca juga: Melaney Ricardo Akui Positif COVID-19, Ini Gejala yang Dirasakan )

6. Oatmeal sayur yang gurih
Oat tidak harus selalu manis. Oatmeal gurih terbukti bisa menjadi pilihan yang bagus untuk sarapan. Anda bisa menambahkan semua jenis sayuran termasuk jamur, kacang polong, wortel, brokoli, tomat, kacang-kacangan, ke dalam oat.

7. Kebab sayur panggang
Kebab sayuran mengemas banyak rasa dan menjadi camilan malam yang sempurna. Untuk membuatnya, potong sayuran favorit Anda, rendam, dan masak di atas panggangan atau barbekyu. Paprika, bawang bombay, jamur, zucchini, dan tomat cocok untuk kebab.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)