Mengenal Furnitur Modern Minimalis Biar Ruangan Tak Monoton

Rabu, 04 November 2020 - 15:15 WIB
loading...
Mengenal Furnitur Modern Minimalis Biar Ruangan Tak Monoton
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Bukan hanya rumah minimalis yang saat ini tren, furnitur minimalis modern pun kini tengah hit. Sebab, dengan furnitur minimalis modern , ruangan tidak akan terlalu monoton.

Dengan furnitur minimalis modern ruangan akan terlihat lebih variatif dan inovatif. Furnitur ini juga memiliki desain yang unik dan menarik, namun tetap memiliki fungsi yang sesuai. Kelebihan lainnya adalah dapat membuat ruang kecil terasa lebih nyaman layaknya ruangan berukuran luas. (Baca: Biaya Operasional Pendidikan Terlambat Cair, Ada Apa?)

Biasanya, hal ini dilakukan dengan menerapkan desain furnitur minimalis modern yang tidak hanya memiliki satu fungsi, tetapi multifungsi. Contohnya dapat ditemukan pada sofa. Bagian bawah sofa dapat dijadikan tempat penyimpanan barang atau sofa dapat dilipat jika sedang tidak digunakan dan dapat dibuka untuk menjadi sofabed.

Untuk memadukan furnitur minimalis dengan berbagai konsep di rumah Anda, menurut heytherehome.com, harus ada keselarasan seperti warna dan bahan. Warna dan bahan dari furnitur yang sudah dimiliki dapat menjadi acuan untuk memilih desain furnitur minimalis modern yang selaras.

Cari furnitur dengan desain minimalis modern yang memiliki kesamaan warna ataupun bahan agar furnitur baru yang Anda tambahkan terlihat menyatu dengan interior desain sebelumnya. Jika kesulitan dalam menemukan furnitur dengan warna dan bahan yang sama, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan furnitur minimalis modern dengan warna atau bahan senada. Hal ini juga dapat sesekali diterapkan agar tidak merasa bosan.

Contohnya jika desain interior sebelumnya berbahan dasar kayu, coba bahan lain seperti menggunakan furnitur minimalis modern berbahan dasar bambu atau akar pohon. (Baca juga: Kenali dan Jangan Remehkan Gejala Long Covid)

Selanjutnya, keselarasan ukuran antara satu furnitur dengan furnitur lainnya haruslah dipadukan dengan baik agar terlihat proporsional. Jika langit-langit rumah tinggi, lebih baik menggunakan furnitur minimalis modern yang tinggi untuk mengisi dimensi vertikal ruang yang kosong. Sebaliknya, jika ruangan kecil, hindari penggunaan furnitur yang besar.

Pemilihan furnitur minimalis modern lebih baik disesuaikan dengan tema atau karakteristik interior yang sudah ada. Jika interior sebelumnya memiliki desain oriental yang kebanyakan menggunakan kayu, maka dapat dilengkapi dengan memilih furnitur bertema serupa dan menambahkan dekorasi seperti lukisan atau pahatan bernuansa alam.

Selain tema interior pada ruang tamu, dekorasi di dalam kamar tidur pada umumnya cenderung lebih simpel dibandingkan ruang tamu. Tema interior pada kamar tidur biasanya lebih mengutamakan kenyamanan dan menonjolkan karakteristik penghuni rumah. Bahkan, terkadang menggunakan furnitur minimalis unik agar lebih menarik dan privasi. Contohnya adalah dekorasi laci pada tempat tidur sebagai media penyimpanan atau penggunaan meja yang dapat dilipat. (Baca juga: Infeksi Virus Corona di Eropa Capai 11 Juta)

Jenis furnitur minimalis modern biasanya warna monokrom, desainnya sederhana sekaligus unik, tetapi tetap terlihat nyaman untuk digunakan. Kursi makan putih yang berbahan kayu dengan kaki panjang, tempat duduk lingkaran, juga senderan rendah, salah satu contoh desain furnitur minimalis yang tetap memperhitungkan estetika dan keunikan bentuk, selain fungsionalitas.

Kursi tersebut disandingkan dengan meja makan dengan material besi dengan warna monokrom. Meskipun menggunakan dua material berbeda, yaitu besi dan kayu, kesan minimalis masih terasa pada set meja makan itu. Warna cokelat dari kayu yang dikontraskan dengan warna dinding dan warna meja yang dominan putih membuat kayu menonjol dari latar belakangnya.

Penggunaan dua material yang berbeda dalam desain furnitur minimalis bukanlah hal yang tidak mungkin. Dikutip dari Laman home-designing.com justru malah bisa membuat material menjadi salah satu point of interest dari furnitur. (Lihat videonya: Pilpres Bagi Diaspora Indonesia di Amerika Serikat)

Salah satu ciri khas dari desain furnitur minimalis adalah kesan “clean” yang ditimbulkan dari meminimalkan detail yang tampak pada furnitur. Seperti pada lemari kekinian dengan menggunakan pintu geser, mengubah gagang pintu lemari, dan penggunaan warna putih polos, lemari ini berhasil menyembunyikan detail-detail sambungannya sehingga terlihat simpel dan menarik. Pintu geser memang menjadi salah satu opsi yang sering digunakan dalam desain minimalis, karena kesan mulus yang menjadi keunggulannya. (Ananda Nararya)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2688 seconds (0.1#10.140)