5 Mitos Perawatan Kulit Pria yang Belum Banyak Diketahui

Minggu, 08 November 2020 - 10:24 WIB
loading...
5 Mitos Perawatan Kulit Pria yang Belum Banyak Diketahui
Perawatan kulit pria tidak terlalu dibicarakan karena banyak kesalahpahaman tentang masalah tersebut. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Perawatan kulit pria tidak terlalu dibicarakan karena banyak kesalahpahaman tentang perawatan pria . Ini masih menjadi topik yang diremehkan. Bahkan jika Anda kaum pria mencoba merawat kulit, tidak banyak pilihan yang tersedia di kalangan masyarakat umum.

Namun, zaman sedang berubah. Banyak blogger atau influencer yang membicarakannya dan perlahan tapi pasti masuk ke media mainstream. Nah, berikut adalah mitos perawatan kulit pria yang belum banyak diketahui orang, seperti dilansir dari laman Pink Villa.

(Baca Juga: Tidak Hanya Remaja, Jerawat Bisa Muncul di Usia 30 Tahun )

1. Sering Cuci Muka Akan Tingkatkan Kualitas Kulit
Mencuci muka 2-3 kali sehari sudah cukup menurut ahli kulit di seluruh dunia. Sering mencuci wajah akan menghasilkan lebih banyak minyak di wajah untuk mengimbangi kekeringan pada wajah. Untuk kulit normal dan sensitif, cuci muka sekali sehari dan untuk kulit berminyak disarankan dua kali.

Jangan lupa gunakan pelembab setelah mencuci muka. Bahkan jika Anda memiliki kulit berminyak, pelembab ringan nonkomedogenik (tidak akan menyumbat pori-pori) akan sangat bermanfaat bagi kulit Anda.

2. Produk Perawatan Kulit Pria Hanya Strategi Pemasaran
Kulit pria sangat jauh berbeda dengan wanita. Pria memiliki kolagen yang tinggi dengan ketebalan 25% di wajah dibandingkan dengan wanita. Karena kualitas tersebut, kulit pria lebih rentan berjerawat dan dapat menangani produk berat.

Menggunakan produk berorientasi pria pasti akan membuat perbedaan. Karena produk-produk ini dibuat dengan memperhatikan kebutuhan dan tekstur kulit pria.

3. Gunakan Sabun Batangan Bagus untuk Cuci Muka
Kebanyakan sabun mengandung basa dan memiliki tingkat pH tinggi yang menyebabkan kekeringan. Sabun tidak boleh digunakan untuk mencuci muka. Sabun jenis ini dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan untuk kulit dan juga bisa menyebabkan kemerahan. Pembersih yang baik harus digunakan saat mencuci muka.

Pada dasarnya kulit bersifat asam. Artinya keseimbangan pH antara 4 dan 6,5. Menggunakan apapun yang lebih tinggi dari pH 7 bersifat basa dianggap berbahaya untuk sabun. Jadi, intinya adalah sabun batangan tidak boleh digunakan di wajah, maka selalu pilih pembersih yang baik.

4. Meminyaki Rambut Dapat Cegah Kebotakan
Meminyaki kepala secara berlebihan akan menyebabkan rambut kusut dan patah sehingga menyebabkan rambut rontok. Minyak membuat kulit kepala lengket sehingga debu menumpuk dan minyak pada akar yang menyebabkan rambut rontok. Memijat kepala dengan beberapa tetes minyak sekali atau dua kali seminggu sudah cukup untuk rambut.

(Baca Juga: 10 Cara Menyembunyikan Bekas Jerawat dengan Makeup )

5. Jerawat Hanya Terjadi pada Masa Remaja
Jerawat bisa terjadi pada semua usia 30-an, 40-an, dan 50-an. Alasan utama untuk berjerawat sama seperti saat remaja. Fluktuasi hormon, stres, penggunaan produk berat, dan lain-lain adalah beberapa alasannya.

Krim retinoid dan pembersih rawan jerawat direkomendasikan untuk melawan jerawat. Benzoyl peroxide adalah pilihan yang baik untuk perawatan jerawat pada orang dewasa. Dalam beberapa kasus besar, perawatan yang tepat dari dokter kulit bersertifikat harus digunakan.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1368 seconds (10.55#12.26)