KJRI Chicago Sajikan Sendratari Ramayana di Forum Tahunan IRC

Senin, 09 November 2020 - 00:12 WIB
loading...
KJRI Chicago Sajikan Sendratari Ramayana di Forum Tahunan IRC
Dalam promosi budaya tersebut dihadirkan penampilan sendratari Ramayana yang dibawakan kelompok tari KJRI Chicago. / Foto: dok. KJRI Chicago
A A A
JAKARTA - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Chicago berkolaborasi dengan International Ramayana Institute of North America (IRINA) pada 7 November 2020 melakukan promosi budaya . Dalam promosi budaya tersebut dihadirkan penampilan sendratari Ramayana yang dibawakan kelompok tari KJRI yang beranggotakan staf dan perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Chicago.

(Baca juga: Rayakan Usia ke-31, MNC Group Persembahkan Anniversary Celebration Penuh Bintang )

Penampilan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara IRINA 4th International Ramayana Conference (IRC), sebuah forum dialog tahunan yang menghadirkan para pemangku budaya dari tiga negara, yakni Indonesia, India dan Thailand. Mereka terdiri atas para pengamat, ilmuwan, artis, dan pelaku budaya terkait lainnya. Untuk kali pertama kegiatan IRC ini dilakukan dengan metode daring (online) dikarenakan masih merebaknya pandemi Covid-19.

Mengawali acara, Presiden Komite Eksekutif IRINA, Martino Tangkar, yang juga merupakan tokoh diaspora Indonesia di AS, mengatakan bahwa penyelenggaraan IRC kali ini bersamaan dengan peringatan 20 tahun kerja sama promosi budaya antara masyarakat Indonesia, India dan Thailand di AS.

Melalui IRINA secara berkesinambungan mengusung cerita Ramayana sebagai tema sentral karena pengaruhnya yang kuat dalam warisan budaya dan masyarakat di ketiga negara. "Kebersamaan yang telah terjalin selama ini semakin memperkuat hubungan antar-masyarakat ketiga negara, tidak terbatas dalam bidang budaya, namun juga telah menyentuh aspek hubungan di bidang-bidang yang lebih luas," kata Martino dalam siaran persnya, Minggu (8/11).

Konsul Jenderal RI Chicago, Meri Binsar Simorangkir dalam sambutannya menyampaikan penghargaan atas semangat IRINA untuk terus mendorong terjalinnya dialog diantara komunitas pelaku budaya, pengkaji dan pemerhati cerita Ramayana, tidak saja di AS namun juga di belahan dunia lainnya.

"Cerita Ramayana tidak hanya berperan penting sebagai bagian dari warisan budaya yang tersebar di seantero dunia, namun juga mampu mengusung nilai-nilai luhur ke dalam kehidupan masyarakat modern," ucap Konjen Meri.

KJRI Chicago Sajikan Sendratari Ramayana di Forum Tahunan IRC


Lebih lanjut, Konjen Meri juga mengajak para peserta konferensi untuk berkunjung ke Indonesia setelah pandemi berlalu, khususnya ke Candi Prambanan di Jawa Tengah, untuk menyaksikan secara langsung sendratari Ramayana yang sejak 1961 ditampilkan di teater udara terbuka pelataran candi.

Senada dengan Konjen Meri, Konsul Jenderal Kerajaan Thailand, Pusan Sobhon, dan Konsul Jenderal India, Amit Kumar, menyatakan apresiasi mereka terhadap konsistensi IRINA dalam mempromosikan nilai-nilai Ramayana ke masyarakat di Amerika. Mereka juga menyampaikan harapan dialog berbasis budaya yang telah terjalin baik di antara Indonesia, India, dan Thailand dapat semakin berkembang ke ranah yang lebih luas lagi.

Sementara Gubernur Bali, I Wayan Koster mengungkap peran integral cerita Ramayana dalam keseharian masyarakat dunia, terlebih di Bali, di mana himne dan ritual dalam upacara sakral warganya banyak mencuplik esensi dari cerita tersebut.

(Baca juga: Film Perempuan Tanah Jahanam Pecahkan Rekor FFI dengan 17 Nominasi )

"Esensi dari kisah Ramayana bahkan dewasa ini menjadi pendorong semangat mewujudkan era baru Bali yang keseharian masyarakatnya banyak terdampak oleh pandemi Covid. Sinergi antara alam, budaya dan masyarakat penting sebagai modal bangkit kembalinya Bali, termasuk sebagai destinasi wisata dunia," ujarnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)