Menenangkan serta Merawat Kulit Wajah yang Sensitif

Selasa, 10 November 2020 - 03:23 WIB
loading...
Menenangkan serta Merawat Kulit Wajah yang Sensitif
Sebelum menggunakan produk skincare perlu dikenali terlebih dahulu jenis kulitnya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir makin tersebar berbagai produk perawatan kulit di pasaran. Akan tetapi untuk memilih produk yang cocok untuk kulit wanita di daerah tropis perlu dipertimbangkan, terlebih jika kulitnya termasuk kulit yang sensitif. Perlu berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk perawatan kulit. Pasalnya, kulit justru mendapat masalah jika produk yang digunakan tidak cocok dengan jenis kulit.

(Baca juga: Manfaat Kesehatan dari Penggunaan Kulit Lemon )

Sebelum menggunakan produk skincare perlu dikenali terlebih dahulu jenis kulitnya,misalnya kulit sensitif, mudah berjerawat, kering, berminyak, maupun normal. Menurut Dokter Spesialis Kulit & Kelamin, dr. Listya Paramita, Spp.KK, rasakan terlebih dahulu basic kulitnya seperti apa.

"Produksi minyaknya seberapa banyak, gimana reaksinya dengan perubahan cuaca, berpengaruh banget enggak? Apakah gampang kemerahan? Ini harus dirasakan," lanjut dr. Listya seperti dikutip dari pernyataan tertulisnya, Senin (9/11).

Apabila kulit sering kali mengalami keluhan, seperti ruam, kemerahan, gatal, kering, bruntusan, mudah berjerawat, hingga rasa terbakar atau perih pada kulit, kemungkinan besar kulit tersebut kulit yang sensitif. Penyebabnya beragam, bisa karena udara, bahan kimia dari produk kecantikan yang digunakan, hingga dari makanan yang dikonsumsi. Jenis kulit sensitif memerlukan perhatian khusus dan wajib memperhatikan kandungan bahan dari produk perawatan yang digunakan.

"Pertama-tama lihat dulu sensitifnya cenderung ke arah mana, apakah berjerawat, apakah mudah iritasi, mudah merah? Sebaiknya, gunakan produk yang sifatnya menenangkan, membuat kalem, rileks, salah satunya pilih yang mengandung Centella Asiatica. Ini relatif aman, bisa menenangkan kulit," ujar dr Listya.

Meski begitu, tetap dipertimbangkan juga dalam memilih produk dengan formula hypoallergenic. Dan, salah satu produk skincare dengan formula hypoallergenic serta mengandung centella asiatica adalah SNP Prep Cicaronic. Rangkaian skincare ini berfungsi menenangkan serta merawat kulit wajah yang sensitif.

Ayla Dimitri, selebgram dan content creator di bidang fashion dengan ratusan ribu follower, menjadi salah satu orang yang mendapat khasiatnya. Kebetulan, kulit wajah Ayla suka berjerawat. "Centella asiatica. Ini salah satu kandungan yang membantu banget buat kondisi kulit aku yang memiliki jerawat. Cocok untuk semua jenis kulit, terutama yang sensitif dan acne prone," ungkap Ayla Dimitri.

SNP Prep Cicaronic memilikiempat rangkaian perawatan yakni Toning Essence, SOS Ampoule, Soothing Cream, dan Daily Mask. "Toning essence, toner yang diformulasikan untuk kulit sensitif ini dapat menenangkan, merestorasi kulit, mengembalikan kelembaban kulit lelah dan sensitif, serta memberikan energi pada kulit, dengan formula hypoallergenic untuk kulit sensitif. Jadi, kulit terlihat lebih segar dan bersih," papar Ayla.

Kemudian ada SOS Ampoule yang berfungsi menenangkan kulit yang lelah dalam 7 hari, dan menjadi favorit dari Youtuber beken asal Korea Selatan, Han Yoo Ra. SOS Ampoule membantu regenerasi kulit, dan mencerahkan kulit tanpa rasa lengket. "Salah satu fungsi masker adalah untuk mengunci serum," ujar Han Yoo Ra.

Rangkaian ketiga, Soothing Cream adalah krim yang selain menenangkan dan merestorasi kulit, juga melembapkan, menghaluskan tekstur kulit, serta memberikan nutrisi. Melengkapi rangkaian perawatan, terdapat Daily Mask. Masker wajah yang dapat digunakan setiap hari untuk kulit sensitif, rasanya nyaman di kulit, menenangkan dan merestorasi kulit.

(Baca juga: Awas, Jerawat Genital Juga Serang Anak )

Keempat rangkaian produk itu memiliki kandungan utama Trio Cica, yakni Centella Asiatica Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, dan Madecassoside, untuk mengatasi permasalahan kulit sensitif. Selain itu, tiga lapis hyaluronic dalam rangkaian perawatan ini juga membantu melembapkan kulit wajah, dan memperkuat lapisan kulit.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2310 seconds (0.1#10.140)