Peringati 35 Tahun Air Jordan, Sepatu Michael Jordan Itu Dilelang

Minggu, 10 Mei 2020 - 10:40 WIB
loading...
Peringati 35 Tahun Air Jordan, Sepatu Michael Jordan Itu Dilelang
Air Jordan didesain perdana khusus untuk Michael Jordan pada 1985 dan menjadi sepatu sneaker bertanda tangan pertama di dunia. Foto/Sotheby’s
A A A
NEW YORK - Sepasang sepatu tertanda tangan legenda basket Michael Jordan, yaitu Air Jordan besutan Nike, akan dilelang melalui rumah lelang yang berbasis di New York, Sotheby’s.

Air Jordan didesain perdana khusus untuk Jordan pada 1985 dan menjadi sepatu sneaker bertanda tangan pertama di dunia. Sepatu ini ditawarkan dengan harga antara USD100.000 hingga USD150.000 atau sekitar Rp1,5 miliar-Rp2,25 miliar. Lelang sudah dilaksanakan sejak Jumat (8/5) lalu dan akan ditutup pada Minggu (17/5) depan.

Sotheby’s, yang dikenal sebagai rumah lelang yang rutin menjual karya seni bernilai jutaan dolar Amerika, tahun lalu telah memulai lelang pertamanya untuk kategori sneaker. Saat itu sepasang sepatu lari Nike produksi tahun 1972 yang dikenal dengan sebutan "Moon Shoe" berhasil terjual dengan harga USD437.500 atau sekitar Rp6,6 miliar. Itu merupakan rekor baru dunia.

Adapun sneaker Air Jordan 1 yang didominasi warna putih, hitam, dan merah memiliki tanda tangan Michael Jordan. Dulu sepatu ini kerap dipakai oleh legenda basket asal klub Chicago Bulls itu. Seperti sepatu basket milik Jordan lainnya, Air Jordan 1 juga memiliki ukuran berbeda antara kiri dan kanan. Sebelah kiri berukuran 13, sementara yang kanan berukuran 13,5.

Sepatu tersebut dijual oleh kolektornya, yaitu Jordan Geller, yang merupakan pendiri museum sneaker Shoezeum. Sepatu tersebut sebelumnya pernah dipamerkan di Las Vegas.

Pelelangan ini merupakan bagian dari peringatan 35 tahun kelahiran label Air Jordan serta menjadi penanda berakhirnya episode program dokumenter ESPN berjudul “The Last Dance” yang berkisah tentang Chicago Bulls dan Micheal Jordan.

"Dengan semua kegembiraan yang melingkupi Michael Jordan dan "The Last Dance", saya beserta istri memutuskan untuk melepas sepatu tersebut agar menemukan rumah barunya," kata Geller, seperti dikutip Reuters.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)