Cegukan Terus Menerus Bisa Jadi Pertanda Serangan Jantung

Jum'at, 13 November 2020 - 10:54 WIB
loading...
Cegukan Terus Menerus Bisa Jadi Pertanda Serangan Jantung
Mengalami cegukan yang terus-menerus dapat mengindikasikan bahwa Anda berisiko mengalami kondisi kesehatan yang serius. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mengalami cegukan yang terus-menerus dapat mengindikasikan bahwa Anda berisiko mengalami kondisi kesehatan yang serius. Serangan jantung salah satunya. Tidak semua tanda serangan jantung adalah nyeri dada, bahu, atau rahang yang jelas. Seringkali, gejala-gejala tersebut tidak terlalu kentara termasuk mengalami cegukan.

(Baca juga: Makan Pagi Lebih Awal Tidak Membantu Menurunkan Berat Badan )

Cegukan yang terus-menerus atau sulit diatasi bisa menjadi salah satu gejala pertama kerusakan otot jantung atau serangan jantung. Ini adalah fakta yang tidak banyak diketahui tentang cegukan yang mengganggu tersebut. Jadi seseorang harus memberi tahu dokter umum mereka jika mengalami masalah yang signifikan.

Seperti dilansir Daily Express, Kamis (12/11), cegukan terus menerus biasanya sama dengan cegukan selama beberapa hari atau minggu yang sepertinya tidak akan hilang.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, cegukan sebagai tanda iskemia miokard kronis diselidiki. Iskemia miokard terjadi ketika aliran darah ke jantung berkurang, sehingga otot jantung tidak menerima cukup oksigen.

"Iskemia miokard kronis sering muncul dengan riwayat yang cukup khas, tetapi pasien dapat datang dengan nyeri dada atipikal atau nyeri yang dirujuk ke lokasi yang kurang khas seperti rahang, perut, atau punggung," tulis penelitian tersebut.

Terkadang pasien menggambarkan gejala yang biasanya tidak dikaitkan dengan penyakit jantung . Seperti halnya gangguan pencernaan atau perasaan dingin dan lembap, dengan ada atau tidak adanya nyeri dada.

"Makalah ini menjelaskan dua presentasi yang tidak biasa dari iskemia miokard pada pasien yang gejala utamanya adalah cegukan, cegukan keras pertama selama berbulan-bulan dan cegukan yang diinduksi upaya kedua. Keduanya juga menggambarkan nyeri dada atipikal," lanjutnya.

Dr Joshua Davenport, seorang dokter darurat, tidak yakin mengapa beberapa orang tahu menunjukkan gejala serangan jantung yang jelas. Banyak orang, terutama penderita diabetes, dapat mengalami masalah jantung yang tidak biasa.

Dr Davenport juga dengan cepat menunjukkan bahwa cegukan biasanya tidak disebabkan oleh sesuatu yang parah seperti serangan jantung tanpa ada orang yang mengalami gejala lain yang mengkhawatirkan. "Cegukan sebagai tanda peringatan serangan jantung adalah pengecualian dan sangat jarang," ujar Dr Davenport.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)