Melihat Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia

Minggu, 10 Mei 2020 - 12:12 WIB
loading...
Melihat Keindahan Arsitektur Masjid Terapung  di Indonesia
Masjid terapung dengan arsitektur indah yang ada di Indonesia. Foto Antara/traveltoday/wikipedia/istimewa
A A A
Destinasi liburan di bulan Ramadhan paling pas adalah berkunjung ke masjid. Indonesia sebagai negara yang memiliki mayoritas muslim terbesar di dunia, tentu memiliki banyak sekali masjid-masjid. Dengan keanekaragaman budaya, masjid yang didirikan juga bervariasi bentuk arsitektur dan sejarahnya.

Nah, tidak ada salahnya bukan kalau mengisi bulan suci ini dengan berkunjung atau menelusuri masjid-masjid yang ada di Indonesia sebagai 'pelesiran' spritual. Selain mendapatkan pengalaman yang berbeda, juga bisa memahami nilai-nilai sejarah dan mengagumi betapa indahnya arsitektur bangunan masjid tersebut.

Kini, ada tren membangun masjid di atas air, atau dikenal sebagai masjid terapung. Dan Indonesia pun ternyata memiliki masjid terapung yang sangat indah. Berikut masjid-masjid terapung paling indah yang ada di bumi pertiwi ini.

1. Masjid Terapung Al-Jabar, Bandung

Melihat Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia


Masjid terapung ini berada di kawasan Gedebage, Kota Bandung. Meski pembangunannya belum 100 persen selesai, namun bentuk bangunan masjid sudah terlihat megah dan cantik berdiri. Masjid yang diberi nama Al-Jabbar tersebut merupakan hasil karya keroyokan arsitek yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Masjid tersebut diperkirakan dapat menampung 50 ribu jamaah dan akan dilengkapi dengan museum tentang Islam serta perpustakaan. Sementara pada bagian bawah masjid akan menjadi tempat percetakan Al-Quran.

Sedangkan pada bagian halaman masjid akan dibangun miniatur Kabah demi menunjang kegiatan manasik. Luas lahan pembangunan Masjid Al-Jabbar ialah 42.125 meter persegi dengan luas bangunan masjid 99 x 99 meter.

2. Masjid Amirul Mukminin, Makassar

Melihat Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia


Lokasinya tepat berada di timur laut Pantai Losari, Makassar. Masjid yang diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia ini, dikenal karena lokasinya yang unik yakni dibangun di atas air laut. Masjid Amirul Mukminin ini akan tampak seolah-olah terapung di permukaan air pada saat air pasang.

Pembangunan Masjid Amirul Mukminin merupakan gagasan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin untuk memperkaya khasanah landmark Kota Makassar juga sebagai wisata religius. Dibangun mulai 8 Mei 2009, masjid ini kemudian diresmikan pada 21 Desember 2012 oleh Mantan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla.

3. Masjid Al-Aminah, Lampung

Melihat Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia


Masjid Al-Aminah benar benar terapung di Teluk Lampung. Terletak 300 meter dari bibir pantai Sari Ringgung, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Masjid ini mengapung ditopang oleh beberapa pelampung dan dijangkar supaya tidak hanyut.

Masjid ini awalnya difungsikan sebagai fasilitas ibadah bagi nelayan yang masih berada di laut. Masjid ini dibangun tahun 2012, direnovasi pada tahun 2014. Kemudian, diresmikan sebagai objek pariwisata Lampung pada tahun 2015.

4. Masjid Terapung Amahami

Melihat Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia


Masjid Amahami adalah masjid terapung yang terletak di kawasan Pantai Amahami. Bentuknya yang unik membuat Masjid Amahami menjadi salah satu landmark terbaru di kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masjid Amahami selesai dibangun pada akhir 2018 ini didesain oleh tim Universitas Petra Surabaya.

Tak sekadar unik, rancangan Masjid Amahami ternyata juga mengandung makna khusus. Masyarakat Bima punya filosofi kepemimpinan yang dinamakan 'Nggusu Waru' dan 'Uma Lengge'. Dua unsur tersebut lantas diwujudkan dalam rancangan dasar masjid terapung dan dikombinasikan dengan desain bintang Al-Quds, simbol terkenal dalam ajaran Islam.
Keunikan bangunan dan lokasinya yang membuat Masjid Amahami memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

5. Masjid Arkam Babu Rahman

Melihat Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia


Masjid Terapung Arkam Babur Rahman di Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah merupakan salah satu masjid unik di Indonesia. Keunikan ini ditandai dengan keberadaannya di atas laut sehingga banyak orang yang menyebutnya Masjid Terapung.

Selain itu pada malam hari, kubah masjid akan memancarkan cahaya 7 warna yang sangat indah dan menakjubkan. Usut punya usut, Masjid Arkam Babu Rahman sudah dikenal sebagai ikon Kota Palu. Daya tampungnya mampu menampung 200 jamaah.

6. Masjid Al-Munawaroh, Ternate

..
Melihat Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia


Masjid Al-Munawaroh terletak di Ternate, provinsi Maluku Utara. Merupakan masjid yang dibangun oleh Pemerintah kota Ternate di bibir pantai kota itu. Masjid yang begitu menawan dipandang dari laut, dengan dua menaranya yang memang dibangun di laut, memberikan pemandangan yang begitu indah.

Masjid Raya Al-Munawaroh kini menjadi landmark kota Ternate. Masjid Raya Al-Munawaroh dilengkapi dengan 4 menara setinggi 44 meter, dua dari menara tersebut memang dibangun di laut.
(wid)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0698 seconds (0.1#10.140)