5 Makanan Penting Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Sabtu, 14 November 2020 - 13:03 WIB
loading...
5 Makanan Penting Bagi Penderita Diabetes Tipe 2
Kebanyakan orang salah paham ketika tahu mengalami diabetes tipe 2 dan menganggap diabetes adalah penyakit seumur hidup. Bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kebanyakan orang salah paham ketika mengalami diabetes tipe 2 dan menganggap diabetes adalah penyakit seumur hidup.

Nah, inilah waktunya untuk memecahkan gelembung mitos tersebut. Anda harus mengubah pandangan soal diabetes tipe 2, yakni melalui diet dan olahraga yang tepat. (Baca juga: Waspada, Perubahan Kulit Bisa Jadi Tanda Anda Menderita Diabetes )

Seperti dilansir Times of India, Deepti Sherawat, Ahli Gizi berbasis Noida merekomendasikan beberapa makanan yang harus menjadi bagian dari makanan Anda, jika Anda berurusan dengan diabetes tipe 2.

1. Salad alami berserat
Diet berserat diperlukan bagi penderita diabetes tipe 2. Selain itu, serat juga membantu melancarkan buang air besar dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Anda harus memasukkan semangkuk penuh salad mentah dalam makanan harian Anda. Salad Anda dapat berisi mentimun, tomat, wortel, jagung muda, dan beberapa sayuran berdaun hijau seperti selada, bayam, dan brokoli.

2. Biji Fenugreek
Makanan ajaib lainnya untuk pasien diabetes tipe 2 adalah biji fenugreek, juga dikenal sebagai 'methi dana'. Mereka membantu dalam mengelola diabetes karena mengandung serat larut, yang membantu menurunkan gula darah dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

Cara termudah untuk mengonsumsi biji fenugreek adalah dengan membuat bubuknya dan menambahkannya pada sayuran, dal, dan kari Anda.

3. Jamlang
Buah jamblang musiman adalah buah wajib bagi penderita diabetes tipe 2. Buah segar meningkatkan aktivitas dan sensitivitas insulin, yang tidak hanya menurunkan gula darah tinggi, juga membantu mengatasinya. Anda bisa memakannya mentah atau memasangkannya dengan semangkuk yoghurt atau puding.

4. Kayu Manis
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa kulit kayu manis meningkatkan glukosa darah dan kadar kolesterol pada penderita diabetes tipe 2. Anda dapat dengan mudah memasukkan batang kayu manis ke dalam makanan Anda dengan menyeduhnya dalam air atau memasukkannya ke dalam secangkir teh biasa.

5. Nangka
Karena indeks glikemiknya yang rendah (GI), nangka adalah pengganti tepung terigu yang sempurna. Beberapa studi dan penelitian juga telah memvalidasi potensi terapeutik tepung nangka dalam hal diabetes tipe 2. Anda bisa dengan mudah membuat chapatis, pancake, roti dan bahkan cookies dengan tepung ini. (Baca juga: Serial Animasi 3D Superhero Pertama Indonesia 'Bima S' Tayang Tanpa Jeda Iklan di Vision+ )

Catatan
Terkait diet diabetes tipe 2, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh Anda konsumsi. Misalnya, Anda tidak boleh menyentuh semua jenis tepung olahan. Anda juga harus menghindari makanan olahan, seperti roti putih, pasta, pizza, nasi putih dan bahkan beberapa makanan kalengan dan olahan, karena berpotensi memicu kadar gula darah Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)