Kenali Beragam Vitamin Terbaik untuk Kulit Kinclong

Sabtu, 14 November 2020 - 11:15 WIB
loading...
Kenali  Beragam  Vitamin Terbaik untuk Kulit Kinclong
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Jika vitamin adalah mikronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi, maka masuk akal jika menggunakan vitamin terbaik untuk kulit dapat memberikan manfaat besar pada penampilan.

Produk perawatan kulit yang diperkaya vitamin dapat melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas, mengatasi garis halus dan kerutan, serta mengurangi hiperpigmentasi. Pada dasarnya, ada vitamin di luar sana untuk setiap masalah kulit dan Anda hanya perlu tahu mana yang memberikan manfaat.

Baca juga : Masyarakat Mulai Berdamai dengan Pandemi, Saling Bantu untuk Survive

Menurut Frauke Neuser, ilmuwan utama dan direktur senior, komunikasi ilmiah di Olay, mengonsumsi vitamin secara oral tidak selalu membuat perbedaan yang berdampak pada kondisi kulit. Itu karena mengonsumsi vitamin tidak memungkinkan aplikasi bertarget yang sama seperti perawatan kulit. Jika mengonsumsi banyak vitamin, akan didistribusikan ke seluruh tubuh dan di kulit, tidak hanya ke wajah.

Namun, jika benar-benar kekurangan nutrisi tertentu, kelebihan vitamin yang telah dikonsumsi akan dibuang. Jadi, meskipun mengonsumsi suplemen bukan cara langsung untuk mendapatkan kulit yang bersinar dan sehat, beberapa penelitian telah membuktikan vitamin berguna dalam mencegah dan mengobati kondisi tertentu.

Menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam JAMA Dermatology, peningkatan jumlah vitamin A seperti wortel, ubi jalar, bayam, telur, dan ikan dalam makanan dapat menurunkan risiko terkena karsinoma sel skuamosa, bentuk paling umum kedua dari kanker kulit. Dilansir dari Allure, Sabtu (14/11), berikut vitamin terbaik untuk kulit yakni :

1. Vitamin A

Vitamin A secara luas dianggap sebagai bahan perawatan kulit paling efektif. Vitamin ini datang dalam berbagai bentuk, meskipun turunannya yang paling terkenal adalah retinol yang dijual bebas. Perlu dicatat bahwa vitamin A adalah vitamin pertama yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) sebagai bahan topikal yang benar-benar mengubah tampilan permukaan kulit. Vitamin A bekerja dengan mengikat reseptor di sel kulit, pada gilirannya memperkuat fungsi pelindung epidermis, melindungi kolagen dari degradasi, dan merangsang pergantian sel kulit. Untuk alasan yang sama, vitamin A juga merupakan pembasmi jerawat yang kuat.

Asam retinoat, juga dikenal sebagai tretinoin, adalah turunan vitamin A yang hanya tersedia dengan resep. Ini telah dievaluasi sebagai pengobatan topikal untuk hiperpigmentasi dan garis halus, dan merupakan favorit dokter kulit untuk memberikan hasil dengan efek samping yang relatif ringan seperti kemerahan dan peningkatan sensitivitas.

Baca juga : Mata Panda Mengganggu Penampilan, ini Cara Menghilangkannya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)