Menikmati Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia

Minggu, 10 Mei 2020 - 13:19 WIB
loading...
Menikmati Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia
Masjid terapung dengan arsitektur indah yang ada di Indonesia. Foto Antara/traveltoday/wikipedia/ist
A A A
Salah satu destinasi liburan saat Ramadhan adalah berkunjung ke masjid. Indonesia sebagai negara yang memiliki mayoritas muslim terbesar di dunia, tentu memiliki banyak sekali masjid-masjid. Dengan keanekaragaman budaya, masjid yang didirikan juga bervariasi bentuk arsitektur dan sejarahnya.

Nah, tidak ada salahnya bukan kalau mengisi bulan suci ini dengan berkunjung atau menelusuri masjid-masjid yang ada di Indonesia sebagai 'pelesiran' spritual. Selain mendapatkan pengalaman yang berbeda, juga bisa memahami nilai-nilai sejarah dan mengagumi betapa indahnya arsitektur bangunan masjid tersebut.

Kini, ada tren membangun masjid di atas air, atau dikenal sebagai masjid terapung. Dan Indonesia pun ternyata memiliki masjid terapung yang sangat indah. Berikut masjid-masjid terapung paling indah yang ada di bumi pertiwi ini.

1. Masjid Terapung Al-Jabar, Bandung

Menikmati Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia

Masjid terapung ini berada di kawasan Gedebage, Kota Bandung. Meski pembangunannya belum 100 persen selesai, namun bentuk bangunan masjid sudah terlihat megah dan cantik berdiri. Masjid yang diberi nama Al-Jabbar tersebut merupakan hasil karya keroyokan arsitek yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Masjid tersebut diperkirakan dapat menampung 50 ribu jamaah dan akan dilengkapi dengan museum tentang Islam serta perpustakaan. Sementara pada bagian bawah masjid akan menjadi tempat percetakan Al-Quran.

Sedangkan pada bagian halaman masjid akan dibangun miniatur Kabah demi menunjang kegiatan manasik. Luas lahan pembangunan Masjid Al-Jabbar ialah 42.125 meter persegi dengan luas bangunan masjid 99 x 99 meter.

2. Masjid Amirul Mukminin, Makassar

Menikmati Keindahan Arsitektur Masjid Terapung di Indonesia


Lokasinya tepat berada di timur laut Pantai Losari, Makassar. Masjid yang diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia ini, dikenal karena lokasinya yang unik yakni dibangun di atas air laut. Masjid Amirul Mukminin ini akan tampak seolah-olah terapung di permukaan air pada saat air pasang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)