Ciptakan Kedekatan di Ruang Makan

Rabu, 18 November 2020 - 15:55 WIB
loading...
Ciptakan Kedekatan di Ruang Makan
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Desain interior memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan kita. Sebuah desain harus dibuat dengan karakter yang “baik” agar memberikan pengaruh yang baik pula.

Secara sadar maupun tidak sadar segala apa pun yang di sekitar kita semuanya telah menjalani proses desain. Sebuah desain menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia, karena banyak kebiasaan-kebiasaan kita yang ditimbulkan dari karya desain. Salah satu ruangan yang harus di desain dengan nyaman adalah ruang makan. (Baca: Niatkan Aktivitas Sehari-hari Bernilai Pahala)

Ruang makan selain sebagai tempat bersantap, juga bisa sebagai tempat berkumpul keluarga. Ruangan ini hendaknya didesain secara fungsional untuk memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga, sekaligus memberikan ambience yang nyaman sehingga dapat menghabiskan waktu bersama dalam waktu yang lama.

"Melalui proses desain yang detail, ruang makan dengan konsep natural cocok dipilih untuk menciptakan kesan nyaman," jelas desain interior Susan Octari Yawhan.

Dengan mengusung tema warna cokelat dan turunannya, tampilan ruang makan bisa terlihat natural dan hangat. Anda bisa menggunakan warna cokelat untuk furnitur, dipadukan dengan elemen warna dinding, lantai dan plafon yang menggunakan warna putih. Hasilnya, furnitur terkesan “pop-up” dan 'akrab'.

Komposisi apik yang tercipta, bisa dihadirkan dari deretan bukaan jendela lebar yang menghadap ke taman belakang, sehingga memberikan cahaya dan udara masuk dengan bebas.

Ada baiknya Anda memilih desain furnitur berbentuk simpel supaya memberikan kenyamanan penggunaannya. Kombinasi desain dan material pada kursi harus berimbang, hal ini bertujuan menampilkan kesan dinamis dan tidak monoton. (Baca juga: Tetap Jaga berat Badan Selama Pandemi)

Sedangkan perpaduan warna gelap seperti hitam bisa Anda tampilkan pada material kulit sintetis yang bisa diaplikasikan pada kursi meja makan. "Desain yang simpel tanpa banyak detail justru menciptakan kesan elegan. Misalnya desain kursi berlapis upholstery fabric, meja makan kotak dengan kaki-kaki geometrik lurus, pajangan dinding, ataupun credenza dengan konsep desain senada. Ini bisa memberikan kesan ruang makan terihat intim," saran Susan.

Sebagai elemen dekoratif , digunakan lampu gantung berbentuk simpel dengan sentuhan modern. Lampu gantung dikombinasi dengan hidden lamp yang muncul dari celah drop ceiling. Ada pun untuk menyatukan benang merah dalam tatanan, sentuhan pabrik warna cokelat bisa diaplikasikan pada gorden dan karpet. Semua ini menciptakan kesan elegan, harmoni dan selaras, sehingga aktifitas saat bersantap menjadi makin menyenangkan. Desain yang baik akan menciptakan kesan makan bersama keluarga semakin menyenangkan.

"Warna dinding diruang makan sendiri bisa mengikuti dari warna furniturnya. Yang harus diperhatikan hindari penggunaan warna merah, kuning yang bisa membuat selera makan menjadi menurun," papar Susan. (Baca juga: Minyak Sawit Topang Ekspor Indonesia Sebesar 15 Persen)

Selain warna pencahayaan juga sangat penting, lampu yang berwarna cerah seperti putih bisa menambah kesan ruang makan semakin hangat. Dekorasi lilin di atas meja juga menambah kesan makan bersama keluarga semakin romantis.

Susan pun menyarankan, tatanan ruang makan hendaknya diubah setiap tiga bulan sekali, hal ini untuk menghindari kesan jenuh dan bisa mengurangi mood saat bersantap. Minimal ubah dekorasinya atau dengan menambahkan aksesoris baru seperti bunga, atau lukisan.

Bagaimana, mudah bukan menciptakan ruang makan yang sederhana tapi tetap cantik? Selamat mencoba. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)