Lima Makanan yang Terbukti Sangat Bermanfaat bagi Diabetesi

Kamis, 19 November 2020 - 04:24 WIB
loading...
Lima Makanan yang Terbukti Sangat Bermanfaat bagi Diabetesi
Olahraga teratur serta pola makan dan gaya hidup yang sehat dapat membantu mengurangi risiko, sekaligus mengelola diabetes. / Foto: Ilustrasi/Diabetes Daily
A A A
JAKARTA - Diabetes merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tingkat glukosa darah, juga dikenal sebagai gula darah, dalam tubuh meningkat melampaui tingkat normal. Kenaikan level ini bisa disebabkan berbagai alasan. Gula darah tinggi atau hiperglikemia jika tidak ditangani, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

(Baca juga: Positif Covid-19, sang Anak Minta Doa untuk Kesembuhan Mamah Dedeh )

Ada tiga tipe utama diabetes. Di antaranya adalah diabetes tipe 1, terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup. Diabetes tipe 2, terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif, dan diabetes gestasional yang terjadi karena tubuh kehilangan kepekaan terhadap insulin selama kehamilan.

Olahraga teratur serta pola makan dan gaya hidup yang sehat dapat membantu mengurangi risiko, sekaligus mengelola diabetes. Namun jika dibiarkan, penyakit ini dapat berkembang dan berakibat fatal karena dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Adapun makanan untuk disertakan dalam diet pasien diabetes adalah pola makan nabati. Pola makan nabati adalah pola makan yang terdiri dari makanan yang berasal dari tumbuhan. Ini mungkin termasuk sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan dan biji-bijian. Karena jenis pola makan ini adalah bagian dari pola makan vegan, ini sangat populer dan dikatakan sebagai salah satu pola makan paling sehat di luar sana.

Apabila dikaitkan dengan diabetes, diet harus memiliki makanan yang rendah lemak, karbohidrat, dan kalori. Berikut 5 makanan nabati yang terbukti sangat bermanfaat bagi penderita diabetes menurunkan gula darah seperti dilansir Times Now News, Rabu (18/11).

1. Kacang

Kacang kaya serat dan rendah karbohidrat. Selain menurunkan kadar gula darah, kacang-kacangan juga dapat membantu mengurangi peradangan, kadar LDL dan HbA1c, serta pengelolaan berat badan.

2. Labu

Ini adalah sayuran yang sangat populer dan kaya akan antioksidan. Labu diketahui bermanfaat untuk obesitas dan menurunkan kadar insulin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)