JFC Prakarsai Ajang Virtual Pertama World Kids Carnival 2020

Kamis, 19 November 2020 - 21:10 WIB
loading...
JFC Prakarsai Ajang Virtual Pertama World Kids Carnival 2020
Tujuan WKC adalah menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih menyatu dalam berbagi karya dan menyuarakan pesan perdamaian antar anak-anak bangsa. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sudah bukan rahasia lagi Jember Fashion Carnaval (JFC) yang berlangsung di Jember, Jawa Timur merupakan salah satu karnaval terbaik di Asia dan menjadi tolak ukur karnaval di Indonesia. Karnaval busana tahunan yang digagas mendiang desainer Dynand Fariz ini pun menjadi acara yang cukup dinantikan masyarakat.

(Baca juga: Gara-Gara Mau Debut Solo, Kai EXO Enggak Bisa Tidur )

Pada tahun ini, menggandeng NPO WKM (World Kids Museum) dari Jepang, JFC memprakarsai acara virtual pertama World Kids Carnival 2020 (WKC 2020). Dalam perhelatannya, WKC 2020 memberikan semangat melalui lagu berjudul We Are All One yang diciptakan Shin Ikesue.

"WKC diselenggarakan untuk menyemangati masyarakat dunia agar tetap mampu berkarya di masa pandemi dengan protokol kesehatan yang benar melalui event karnaval anak-anak yang mengangkat tema persaudaraan seluruh bangsa di dunia. Serta anak-anak adalah penerus masa depan," ujar Presiden JFC, Iwan saat konferensi pers virtual, Kamis (19/11).

Menurutnya, tujuan WKC adalah menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih menyatu dalam berbagi karya dan menyuarakan pesan perdamaian antar anak-anak bangsa. "Juga untuk membangun organisasi anak internasional yang berperan dalam kegiatan eksibisi dan event anak-anak dunia," lanjutnya.

WKC 2020 akan melibatkan ratusan anak-anak dari 12 negara. Mereka nantinya melakukan parade dengan kostum unik. Negara-negara yang ambil bagian dalam ajang ini antara lain Indonesia Jepang, India dan Filipina (dari benua Asia); Kanada (Amerika); Hungaria, Serbia, Bosnia Herzegovina (Eropa); serta Pretoria, Senegal dan Nigeria (Afrika).

Pelaksanaan kegiatan yang di dalamnya juga berisi saling sapa dan berbagi keceriaan akan didokumentasikan dalam format video. Konten tersebut bakal ditayangkan secara virtual saat show puncak WKC 2020 di Jember . Selain itu, terdapat penampilan dari Cinta Laura, Angel Pieters, dan Andien, yang akan dipandu presenter Okky Lukman. Tidak ketinggalan pula Save Lagu Anak-Anak dan Kak Ria Enes, Naura serta Arsy Hermansyah.

"Kami berharap WKC 2020 yang pertama dapat memberikan semangat untuk tidak berputus asa dalam upaya berkarya di masa pandemi ini. Selain itu juga adalah menjadi titik awal hadirnya kegiatan berkelanjutan yang bersifat internasional yang secara konsisten semakin membangun hubungan persaudaraan anak-anak di seluruh dunia," ucap Iwan.

(Baca juga: Hanin Dhiya Tak Menyangka Terlambat Sudah Tembus 1 Juta Views )

Sementara itu, pada Mei 2021 juga akan diselenggarakan Exhibition dan Dynand Fariz Award. Pada pelaksanaannya, acara yang turut melibatkan sekitar 50 model ini akan menyajikan eksibisi foto karya 3 fotografer kenamaan di antaranya Rio Motret, Wongsim dan Hariono Halim. Di sini turut diberikan Dynand Fariz Award untuk mengingat dan menghormati pendiri JFC, Dynand Fariz.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)