3 Cara Mudah Membuat Keripik Kentang buat yang Lagi Diet Kalori

Jum'at, 20 November 2020 - 01:11 WIB
loading...
3 Cara Mudah Membuat Keripik Kentang buat yang Lagi Diet Kalori
Anda tetap bisa menikmati semangkuk keripik kentang tanpa merusak rencana diet Anda dengan tiga cara mudah untuk membuat keripik kentang menjadi lebih sehat. / Foto: Ilustrasi/Delish
A A A
JAKARTA - Keripik kentang seberat 100 gram memiliki sekitar 536 kalori, ini cukup untuk merusak rencana diet Anda. Tidak dapat disangkal, keripik kentang bukan hanya camilan yang menyenangkan, tetapi juga merupakan makanan yang sempurna untuk setiap suasana hati. Tapi bisakah Anda membayangkan mengunyah keripik kentang favorit Anda tanpa mengkhawatirkan kalori?

(Baca juga: Hipertensi Bisa Diatasi Tanpa Obat, Begini Caranya! )

Nah, jika Anda mengira tidak mungkin menikmati semangkuk keripik kentang tanpa merusak rencana diet Anda, terdapat tiga cara mudah untuk membuat keripik kentang menjadi lebih sehat tanpa merasa bersalah. Ada beberapa cara sederhana seperti memanggang, pan tossing dan dengan microwave yang membantu mengurangi jumlah kalori tanpa mengurangi rasa.

Bagaimanapun, karbohidrat dalam kentang akan tetap ada, tetapi penggunaan lebih sedikit minyak membuatnya jauh lebih sehat daripada keripik kentang kemasan atau keripik kentang goreng. Berikut cara mudah membuat keripik kentang lebih sehat di rumah seperti dilansir Times of India, Kamis (19/11).

1. Keripik kentang panggang pedas

Cuci dan buat irisan tipis 4 buah kentang. Letakkan di piring dan taburi 1 sdm minyak zaitun, 1 sdt paprika, 1 sdt lada hitam, 1 sdt bubuk bawang putih dan garam sesuai selera. Campur semuanya dengan baik dan biarkan kentang menyerap rasanya. Sementara itu, panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius.

Selanjutnya, letakkan kertas roti, dan ratakan irisan dengan baik dan panggang keripik selama sekitar 25-30 menit, sampai teksturnya sesuai. Matikan api dan sajikan dengan saus favorit Anda.

2. Keripik kentang microwave

Cuci dan iris 5 kentang ukuran sedang. Kemudian lapisi piring atau nampan tahan microwave dengan loyang, sebarkan irisannya. Selanjutnya, ambil mangkuk tambahkan 1 sdm minyak zaitun, garam dan merica sesuai selera dan 1 sdt rempah campuran. Menggunakan sikat silikon, oleskan rempah ini pada irisan kentang dan microwave selama 3 hingga 5 menit.

Anda juga bisa mengeluarkannya dalam 3 menit, lalu balik sisi kentang dan microwave selama 3-4 menit lagi. Setelah selesai keluarkan dan nikmati.

3. Keripik kentang pan toss

Untuk membuat keripik kentang yang enak dengan cara pan toss, Anda membutuhkan 3-4 kentang berukuran sedang. Cuci dan iris dengan rapi. Rendam irisan kentang dengan sedikit kunyit dan garam sesuai selera.

Kemudian tambahkan 1 sdt bubuk jintan panggang, ½ bubuk cabai merah dan 1 sdt chaat masala bersama dengan sedikit jus lemon. Rendam selama 30 menit. Selanjutnya, tambahkan 1 ½ sdm minyak zaitun dan setelah minyak cukup panas, masukkan irisan dan balikkan hingga menjadi renyah.

(Baca juga: Pengguna Rokok Elektrik Cenderung Lebih Rentan terhadap Virus Pernapasan )

Untuk mengurangi konsumsi minyak, Anda juga bisa mencampurkan 1 sdm minyak sambil merendam lalu menggoreng keripik dalam wajan antilengket hanya dengan menyemprotkan atau menyikat sedikit minyak.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2445 seconds (0.1#10.140)