Kemenparekraf Siap Gelar Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020

Jum'at, 20 November 2020 - 18:03 WIB
loading...
Kemenparekraf Siap Gelar Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020
Kemenparekraf/Baparekraf akan menggelar ‘Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020’ di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, pada 6 Desember 2020. Foto/Siska Permata sari.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) akan menggelar ‘Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020’ di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, pada 6 Desember 2020. Acara untuk memberi apresiasi kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan di tengah kondisi penuh keterbatasan dan tantangan, para pelaku usaha tetap gigih dalam berkarya dan memberikan kontribusi nyata, dengan melakukan inovasi dan transformasi untuk menghasilkan produk dan jasa berkualitas. (Baca juga: Kemenparekraf Apresiasi UMKM lewat Anugerah BBI 2020, Ini Nominasinya )

“Apresiasi yang akan diterima oleh para pemenang, berupa piala untuk pemenang di tiap kategori, hadiah uang tunai, dan bantuan fasilitasi yang ditentukan untuk masing-masing program,” kata Wishnutama dalam Jumpa Pers dan Peluncuran Pemilihan Karya Terbaik Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020, di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Acara Anugerah BBI 2020 ini mengacu pada Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang lahir sesuai dengan arahan Presiden untuk melaksanakan program padat karya dalam upaya mitigasi dampak COVID-19 di sektor ekonomi dan UMKM.

Gerakan BBI merupakan sinergi aktif dari 14 Kementerian/Lembaga di bawah kordinator Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Anugerah BBI 2020 diselenggarakan dengan tema ‘Penguatan Ekosistem Digital dan Produk Kebanggaan Indonesia yang Menginspirasi’.

Dalam acara Anugerah BBI 2020 ini para pelaku usaha akan diberikan penghargaan dalam 11 kategori, yaitu fesyen, kriya, kuliner, film, animasi, musik, aplikasi, game, manufaktur, kecantikan dan kebugaran, serta event.

“Apresiasi yang akan diterima oleh para pemenang, berupa piala untuk pemenang di tiap kategori, hadiah uang tunai, dan bantuan fasilitasi yang ditentukan untuk masing-masing program,” papar Wishnutama.

Terkait proses seleksi dan penjurian juga akan berlangsung ketat dengan melibatkan profesional di bidangnya serta masyarakat umum.

“Di awali dengan kurasi dari 30 peserta setiap kategori oleh Tum Kurator yang berasal dari 14 Kementerian dan Lembaga, serta 10 asosiasi dan idEA menghasilkan 15 terbaik. Kemudian, proses penjurian untuk pemilihan finalis tiga besar per-kategori dilakukan oleh Tim Juri dari para media, praktisi, dan akademisi profesional di bidangnya” jelasnya.

“Melalui acara Anugerah BBI 2020 ini, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usahanya, membantu pelaku usaha untuk mendorong pergerakan ekonomi yang melemah dikarenakan mobilitas masyarakat yang dibatasi, serta diharapkan dapat mempermudah penyerapan produk-produk Indonesia,” harapnya. (Baca juga: Pengembangan Pariwisata dan UMKM di Purwakarta Berbuah Penghargaan Natamukti )

Masyarakat dapat memberikan suaranya melalui website https://anugerah.banggabuatanindonesia.co.id/ untuk menentukan juara 1, 2, dan 3. Voting bisa dilakukan mulai dari 20 November – 5 Desember 2020.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)