Bawa Anjing Berjalan-jalan Tingkatkan Risiko Tertular Covid-19

loading...
Bawa Anjing Berjalan-jalan Tingkatkan Risiko Tertular Covid-19
Hingga saat ini, hanya empat anjing yang dinyatakan positif Covid-19, dan anjing-anjing itu melakukan kontak langsung dengan manusia yang positif terinfeksi. / Foto: Ilustrasi/HerCanberra
A+ A-
JAKARTA - Para ilmuwan memperingatkan bahwa sekadar mengajak anjing berjalan-jalan dapat secara signifikan meningkatkan risiko virus corona baru. Dog walker, khususnya, harus tetap berhati-hati saat bepergian dengan anjingnya.

(Baca juga: Tips Sehat Selama Pandemi, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?)

Hanya membawa anjing Anda berjalan-jalan dapat meningkatkan risiko Covid-19 hingga 72%, menurut para ilmuwan Spanyol. Memiliki kucing, atau jenis hewan peliharaan lainnya, tidak memiliki jenis risiko yang sama.

Tidak sepenuhnya jelas apakah peningkatan risiko karena hanya berada di luar, atau apakah infeksi dapat ditularkan melalui anjing.



"Yang paling relevan adalah penemuan perkiraan prevalensi penyakit yang secara signifikan lebih tinggi dalam kelompok populasi yang melaporkan telah berjalan-jalan dengan anjing selama periode lockdown, meningkatkan risiko tertular penyakit sebesar 72%," tulis para ilmuwan seperti dilansir Daily Express.

"Namun, memiliki kucing atau jenis hewan peliharaan lainnya tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada perkiraan prevalensi penyakit," sambungnya.

Hasil penyelidikan juga memperingatkan penularan yang lebih tinggi di antara pemilik anjing dan prevalensi yang lebih tinggi ini masih perlu dijelaskan. "Hasil ini menunjukkan hidup dengan anjing sebagai faktor risiko yang kuat untuk infeksi Covid-19," ungkapnya.



Hingga saat ini, hanya empat anjing yang dinyatakan positif virus corona baru. Anjing-anjing ini telah melakukan kontak langsung dengan manusia yang dinyatakan positif terinfeksi.

(Baca juga: Mau Makeup Sempurna Secantik Najwa Shihab Rizieq? Ini Tipsnya)

Jika Anda memilih untuk mengajak anjing Anda berjalan-jalan selama pandemi virus corona baru, pastikan untuk mengikuti pedoman jarak sosial. Anda harus berada setidaknya dua meter terpisah dari siapa pun di luar rumah, dan selalu menggunakan masker.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top