Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia

loading...
Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia
Di berbagai belahan dunia, ternyata ada banyak ajang penghargaan konyol yang rutin diadakan setiap tahun. Foto/dok
A+ A-
MENDAPATKAN sebuah Award atau penghargaan merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi jika penghargaan tersebut didapatkan berkat prestasi dan kerja keras. Pastinya hal itu akan sangat membanggakan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Namun bagaimana jika penghargaan tersebut diberikan berkat hal-hal konyol? Di berbagai belahan dunia, ternyata ada banyak ajang penghargaan konyol yang rutin diadakan setiap tahun, berikut di antaranya.

The Razzie Award

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Jika selama ini ada penghargaan untuk film terbaik di Academy Awards atau Oscars, setiap tahun juga ada yang namanya Golden Raspberry Awards atau yang biasa disingkat sebagai Razzie Awards. Ini merupakan ajang penghargaan non-formal di Hollywood yang biasa ditujukan kepada film-film yang mencapai hasil mengecewakan sepanjang tahun. (Baca: Tajir, Inilah Deretan Tambang Bisnis Gisel)



Razzie diadakan sebagai bentuk "perlawanan" terhadap Oscar. Diadakan setiap tahun di Los Angeles, biasanya sehari setelah malam puncak Oscar diselenggarakan. Piala Razzie ini bentuknya menyerupai bola golf berukuran besar yang diletakkan di atas gulungan film berukuran 8 mm dan seluruhnya berwarna emas.

Darwin Award

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia




Darwin Award adalah sebuah penghargaan yang diambil dari nama naturalis terkenal Charles Darwin. Tapi uniknya penghargaan ini malah tidak ada hubungannya sama sekali dengan Darwin maupun teori fenomenalnya, karena penghargaan ini diberikan kepada mereka yang meninggal dengan cara yang paling konyol. Baik itu karena kesalahan sendiri ataupub sebab-sebab konyol lainnya.

Penghargaan ini adalah gagasan sekelompok orang di akhir 1980-an dan secara resmi dimulai pada tahun 1993, di bawah kepemimpinan peneliti dan penulis Wendy Northcutt. Bahkan ajang ini sudah dibuat dalam film berjudul The Darwin Awards, yang disutradarai oleh Finn Taylor pada 2006.

Hadiah Nobel Ig

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Didirikan oleh majalah humor ilmiah, Annals of Improbable Research pada 1991, penghargaan ini
diberikan kepada mereka yang berhasil menemukan penemuan-penemuan aneh. Penghargaan diberikan
dalam 10 kategori dan dipresentasikan di Sanders Theatre di Harvard University. Sir Andre Geim sejauh ini adalah satu-satunya orang yang menerima Nobel dan IG Nobel. Ia memenangkan IG Nobel pada tahun 2000 dan Nobel pada tahun 2010, keduanya dalam berkat penemuan dalam ilmu Fisika. (Baca juga: Strategi Tipu Muslihat yang Berhasil Memenangkan 8 Peperangan Besar)

Stella Award

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Stella Awards adalah penghargaan yang diberikan sejak 2002 sampai 2007 kepada orang-orang yang
mengajukan "tuntutan hukum dangkal dan konyol". Nama penghargaan ini diambil dari Stella Liebeck
yang pada tahun 1992 memesan secangkir kopi McDonald's di gerai drive-thru, lalu meletakkannya di antara kedua pahanya saat duduk di kursi penumpang mobil cucunya yang sedang dalam keadaan tidak bergerak, kemudian mencoba membuka tutupnya untuk memasukkan krimer dan gula. Kopi miliknya yang bersuhu 180 hingga 190 °F (82 hingga 88 °C) tumpah dan mengakibatkan luka bakar tingkat tiga. Penghargaan ini adalah terusan dari kolom berita mingguan This is True buatan penulis asal Colorado, Randy Cassingham, yang memberitakan peristiwa-peristiwa "aneh tapi nyata".

Big Brother Award

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


The Big Brother Awards terinspirasi dari karakter George Orwell Big Brother dari novel Nineteen Eighty-Four. Mereka diberikan setiap tahun kepada otoritas, perusahaan, organisasi, dan orang yang telah bertindak secara khusus dan konsisten untuk mengancam atau melanggar privasi orang, atau mengungkapkan data pribadi seseorang kepada pihak ketiga.

Penghargaan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian publik terhadap masalah privasi dan tren terkait yang mengkhawatirkan di masyarakat, terutama dalam privasi data. Kontes ini diselenggarakan oleh koalisi longgar dari organisasi nonpemerintah, termasuk Iuridicum Remedium, Privacy International, dan lainnya.

Ernie Awards

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Ernie Awards, atau 'Ernies', adalah penghargaan Australia untuk komentar yang dianggap misoginis. Mereka diadakan setiap tahun. Ini dinamai setelah mantan sekretaris Serikat Pekerja Australia Ernie Ecob, yang dikenal karena pernyataan misoginisnya. (Baca juga: 10 Perempuan Pejuang di Palagan perang Dunia)

Salah satu ucapannya yang paling terkenal adalah "Wanita tidak diterima di gudang pencukuran. Mereka hanya setelah berhubungan seks,". Malam penghargaan pengukuhannya diadakan untuk merayakan pengunduran dirinya dari Dewan Buruh New South Wales. Makan malam diadakan untuk 300 wanita setiap tahun dan pemenangnya ditentukan oleh orang yang paling banyak dicemooh ketika pernyataan atau tindakan seksis mereka dibacakan.

Kontes Fiksi Bulwer-Lytton

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Kontes Fiksi Bulwer-Lytton (BLFC) adalah kontes lidah, diadakan setiap tahun dan disponsori oleh
Departemen Bahasa Inggris Universitas Negeri San Jose di San Jose, California AS. Peserta diundang
"untuk menyusun kalimat pembuka untuk novel terburuk dari semua kemungkinan novel" - yaitu, salah satu yang sengaja buruk.

Menurut aturan resmi, hadiah untuk memenangkan kontes adalah "sedikit". Pemenang 2008 menerima USD250, sedangkan halaman pemenang 2014 mengatakan pemenang hadiah utama menerima "sekitar USD150". Kontes ini dimulai pada 1982 oleh Profesor Scott E. Rice dari Jurusan Bahasa Inggris di San Jose State University dan dinamai sesuai dengan novelis dan penulis naskah Inggris Edward George Bulwer-Lytton.

Lanterne Rouge

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Biasanya sebuah penghargaan diberikan kepada pemenang perlombaan, tetapi dalam bersepeda ada
penghargaan lain yang lebih meragukan yang disebut "Lanterne Rouge”. The lanterne rouge adalah pesaing di tempat terakhir dalam perlombaan bersepeda seperti Tour de France.
Frasa ini berasal dari bahasa Prancis untuk "Lentera Merah" dan mengacu pada lentera merah yang digantung di kendaraan belakang kereta api penumpang atau van rem kereta barang, yang akan dicari petugas sinyal untuk memastikan tidak ada sambungan telah terputus.

Penghargaan ini diberikan kepada pengendara sepeda yang finis di tempat terakhir. Orang yang memegang rekor kemenangan paling banyak di Lanterne Rouge adalah Wim Vansevenant, seorang pengendara sepeda Belgia yang finis di tempat terakhir tiga tahun berturut-turut (2006-2008).

Pigasus Award

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Pigasus Award merupakan penghargaan yang dicetuskan oleh James Randi pada tahun 1982, James sendiri merupakan seorang skeptik terkenal di Amerika Serikat. Penghargaan ini awalnya bernama Uri Trophy, kemudian berubah menjadi menjadi Pigasus Award semenjak tahun 1997. Yang membuat penghargaan ini konyol adalah karena diberikan kepada setiap orang yang membuat temuan absurd yang berhubungan dengan aktivitas paranormal maupun psikis. Piala dari penghargaan ini berbentuk seekor babi bersayap yang diadakan setiap tanggal 1 April.

Bad Sex in Fiction Award

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Ajang penghargaan ini disebut sebagai ajang penghargaan paling ditakuti di Inggris, penghargaan ini diadakan setiap tahun yang ditujukan kepada penulis yang menggambarkan adegan seks dengan cara konyol dalam sebuah novel. Penghargaan yang diberikan oleh majalah Inggris, Literary Review, itu menggambarkan seorang wanita telanjang yang membungkus buku terbuka. Tujuan penghargaan ini adalah untuk mencegah deskripsi hambar tentang seks dalam sastra modern. Penulis-penulis populer seperti Philip Kerr, Ben Okri, Manil Suri dan Tom Wolfe pernah didapuk sebagai pemenang penghargaan konyol ini. (Baca juga: 5 Senjata Api Termahal di Dunia, Mau Tahu Keistimewaannya)

Foot In the Mouth Award

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Foot In the Mouth Award diadakan setiap tahun dan diberikan kepada seseorang yang membuat komentar
paling membingungkan setiap tahun. Dibentuk pada 1993, penghargaan ini diberikan oleh sebuah majalah asal Inggris.

Sedangkan orang pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan ini adalah Ted Dexter, yang kemudian menjadi ketua penyeleksi tim Cricket Inggris. Pemenang lainnya seperti Alicia Silverstone, Gordon Brown dan Silvio Berlusconi. Sedangkan mantan Presiden Amerika Serikat, George W Bush dianugerahi penghargaan ini seumur hidup pada tahun 2008 atas komentarnya yang terus menerus selama bertahun-tahun.

Golden Collar Award

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


The Golden Collar Awards mirip seperti Academy Awards, hanya saja mereka disajikan khusus untuk
anjing. Penghargaan ini dibuat pada tahun 2012 oleh situs web Dog News Daily untuk mengenali aktor anjing terbaik yang diberikan dalam lima kategori setiap tahun. Pemenang akan menerima trofi yang dirancang oleh Simon Tavassoli, yang menggambarkan Kerah Kulit Italia yang tertanam dengan Kristal Swarovski.

Diagram Prize

Seremoni Penghargaan Paling Konyol di Dunia


Diagram Prize adalah bentuk penghargaan yang pertama kali diadakan pada tahun 1978, penghargaan aneh ini diberikan kepada buku yang memiliki judul paling aneh. Kemudian setiap judul buku yang mendapatkan penghargaan ini akan dikumpulkan dan menjadi Diagram Group, yang berbentuk informasi dan grafis yang disimpan oleh perusahaan yang berbasis di London. Sedangkan pemilihan pemenang dipilih melalui publik voting di situs dari penjual buku.

Sumber: toptenz.net
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top