Material Bagus Pengganti Batu Bata untuk Pembentukan Dinding

Senin, 23 November 2020 - 20:13 WIB
loading...
Material Bagus Pengganti Batu Bata untuk Pembentukan Dinding
Seiring berkembangnya teknik arsitektur kini muncul pengganti batu bata dan batako yang lebih praktis pengaplikasiannya. (Foto: Dok/Arsitag)
A A A
JAKARTA - JAKARTA - Semakin berkembangnya desain arsitektur, dapat dilihat dari banyaknya perubahan material yang semakin memiliki kelebihan dan kepraktisan dalam pengaplikasiannya. Sebut saja material pengganti batu bata dan batako, keduanya memiliki karakter, bobot yang ringan, ukuran yang persisi, dan pemasangan yang cepat.

Beton ringan aerasi dan papan fiber semen misalnya, kedua bahan material ini sering dijadikan sebagai pengganti batu bata dan batako dalam pembentukan dinding. "Beton ringan aerasi memiliki bentuk persegi panjang dan pemasangannya pun masih menggunakan adukan semen, yang berbeda hanya bahan bakunya," jelas arsitek Denny Setiawan.

Beton ringan aerasi terbentuk dari perpaduan kuarsa, kapur, dan semen sehingga tampilannya putih keruh. Material ini pun terbilang ringan dan dapat mengapung di air.

Ukurannya jauh lebih besar dibandingkan batu bata, panjangnya 60 cm, tinggi 20 cm, lebar bervariasi antara 75 cm, 10 cm sampai 20 cm. "Karena ukuran beton ini persisi dibutuhkan spesi atau adukan yang lebih tipis, sehingga dapat menghemat semen," tambahnya.

Sedangkan untuk papan fiber semen bisa digunakan sebagai dinding, karena material ini memiliki sifat kuat dan tidak meresap air. Karena itu, material ini sangat cocok dipasang di dinding luar atau dinding kamar mandi.

"Pemasangannya sangat mudah, hanya menggunakan rangka kayu sebagai rangka dindingnya, dan panel pun siap diskrup atau di pakukan pada rangka. Setelah itu, sambungan antara panel diberi kompon atau dempul untuk meratakan permukaan dinding," kata Denny.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)