Pangeran Harry Sambut Baik Penyelidikan Wawancara BBC dengan Putri Diana

Senin, 23 November 2020 - 21:52 WIB
loading...
Pangeran Harry Sambut Baik Penyelidikan Wawancara BBC dengan Putri Diana
Pangeran Harry. Foto/Getty Images/Koen Van Weel
A A A
JAKARTA - Pangeran Harry menyambut baik penyelidikan wawancara BBC dengan mendiang ibunya, Putri Diana. Duke of Sussex itu telah menghadapi kritik dari beberapa surat kabar karena tidak mengeluarkan pernyataan bersama dengan saudaranya, Pangeran William, yang mengatakan awal pekan ini bahwa penyelidikan tersebut adalah langkah yang benar.

Namun, sebuah sumber yang dekat dengan Harry mengatakan bahwa saat ini sang pangeran telah mendapatkan informasi secara rutin dan tahu semua yang terjadi. “Sayang, beberapa orang tidak hanya melihat ini sebagai dorongan untuk kebenaran, tetapi juga mencoba menggunakannya sebagai kesempatan untuk membuat perpecahan di antara saudara,” kata sumber itu, seperti dilansir dari Independent, Senin (23/11).

( )

Penyelidikan digelar setelah saudara laki-laki Diana, Earl Spencer, mengklaim bahwa Martin Bashir menggunakan pernyataan palsu untuk mendapatkan akses ke Putri Diana .

BBC telah menunjuk Lord Dyson, mantan Hakim Mahkamah Agung, untuk memimpin penyelidikan baru tentang bagaimana wawancara itu diperoleh dan apakah kalangan eksekutif telah menutupi sebuah kesalahan.

Pangeran William pada Rabu (18/11) lalu mengatakan, penyelidikan harus membantu menetapkan kebenaran. Namun, Bashir belum mengomentari soal penyelidikan tersebut. Ia dikabarkan sedang cuti usai menjalani operasi jantung dan tertular COVID-19.

Wawancara dengan Putri Diana pada 1995 itu disaksikan oleh lebih dari 20 juta penonton di Inggris dan menjadi salah satu momen "menentukan" dalam kegagalan pernikahan Diana dengan Pangeran Charles. Wawancara ini juga mengungkap detail pernikahan mereka melalui pernyataan Diana yang mengejutkan publik.

"Kami bertiga dalam pernikahan ini," ujar Diana waktu itu.

( )

Pernyataan tersebut mengacu pada hubungan Charles dengan istrinya yang sekarang, Camilla Parker-Bowles. Diana juga mempertanyakan kesesuaian Charles sebagai raja.

Sebulan kemudian, Ratu Elizabeth mendesak Diana dan Charles untuk bercerai. Perceraian dilakukan pada 1996, sementara Diana meninggal dunia tahun 1997 dalam kecelakaan mobil di Paris.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)