Ini Masa Paling Menular dari Virus Corona Covid-19

Rabu, 25 November 2020 - 04:14 WIB
loading...
Ini Masa Paling Menular dari Virus Corona Covid-19
Para peneliti mengungkapkan bahwa sebagian besar peristiwa penularan virus terjadi sangat awal, dan terutama dalam lima hari pertama setelah timbulnya gejala. / Foto: Ilustrasi/LA Times
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru menemukan bahwa pasien Covid-19 paling menular adalah lima hari pertama setelah timbulnya gejala. Meskipun materi genetik dari virus coroma baru masih dapat dideteksi dalam sampel pernapasan atau tinja pasien Covid-19, tidak ada partikel virus yang ditemukan setelah sembilan hari timbulnya gejala.

(Baca juga: Ketahuan Merokok dan Meludah Sembarangan, Lai Guanlin Minta Maaf )

Penelitian ini diterbitkan dalam Lancet Microbial Journal. "Ini adalah tinjauan sistematis dan meta-analisis pertama yang secara komprehensif memeriksa dan membandingkan viral load dan pelepasan untuk tiga virus corona manusia ini," kata pemimpin penulis studi Muge Cevik dari Universitas St Andrews, Inggris, seperti dikutip Times Now News, Selasa (24/11).

"Ini memberikan penjelasan yang jelas mengapa SARS-CoV-2 menyebar lebih efisien daripada SARS-CoV dan MERS-CoV dan jauh lebih sulit untuk ditahan," lanjut Cevik.

Para penelitimengungkapkan bahwa sebagian besar peristiwa penularan virus terjadi sangat awal, dan terutama dalam lima hari pertama setelah timbulnya gejala. Oleh karena itu, para peneliti mementingkan kebutuhan isolasi diri segera setelah mulai melihat gejala.

"Kami juga perlu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berbagai gejala yang terkait dengan penyakit , termasuk gejala ringan yang mungkin terjadi lebih awal selama infeksi dibandingkan gejala yang lebih menonjol seperti batuk atau demam," jelas Cevik.

Peneliti menilai faktor-faktor kunci yang terlibat dalam periode penularan pasien Covid-19 seperti viral load, lamanya seseorang mengeluarkan materi genetik virus (RNA) dari patogen, dan isolasi virus hidup. Mereka menyimpulkan, peraturan pemerintah di banyak tempat isolasi selama 10 hari sejalan dengan temuan mereka.

Dalam analisis mereka, para peneliti memasukkan 98 studi yang memiliki lima atau lebih peserta, studi kohort, dan uji coba terkontrol secara acak -79 berfokus pada virus corona baru, 73 di antaranya hanya mencakup pasien yang dirawat di rumah sakit- delapan pada virus pandemi SARS 2002-03 dan 11 tentang infeksi virus corona MERS.

(Baca juga: Penampilan Raisa di Unite ON: Live Concert Dapat Sambutan Positif )

Para peneliti lebih lanjut mencatat bahwa viral load virus corona baru tertinggi terdeteksi pada awal perjalanan penyakit, pada saat gejala mulai, atau sebelum gejala hari kelima. Mereka menyarankan bahwa untuk pasien tanpa gejala, infeksi dapat sembuh lebih cepat. Meskipun viral load mungkin sama pada permulaan penyakit, viral load mungkin tetap untuk jangka waktu yang lebih pendek, dibandingkan dengan mereka yang memiliki gejala.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)