Ryan Goutama Petik Hikmah Positif dari Pengalaman Ikut Audisi Idol

Rabu, 25 November 2020 - 19:38 WIB
loading...
Ryan Goutama Petik Hikmah Positif dari Pengalaman Ikut Audisi Idol
Meski gagal melewati audisi babak kedua Indonesian Idol Special Seasos, Ryan Goutama tetap merasa puas, karena dapat bertemu para juri. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Selebgram RyanGoutama menceritakan pengalamannya mengikuti audisi ajang pencarian bakat nyanyi Indonesian Idol Special Seasons 11. Sempat jadi sorotan, Ryan awalnya justru dihinggapi rasa ragu untuk berpartisipasi dalam audisi Indonesian Idol Special Seasons tersebut.

(Baca juga: Nyanyikan Lagu Rock, Dua Peserta Audisi Indonesian Idol Alami Nasib Berbeda )

Pasalnya, selama ini, menyanyi bagi Ryan hanya sebatas hobi sehingga kurang percaya diri tampil di muka umum. Bila pun menyanyi, kebanyakan meng-cover lagu-lagu yang sudah populer, dan diunggahnya di Instagram .

"Ternyata ada beberapa orang yang nyaranin aku buat ikutan audisi Idol. Sebenarnya sudah ingin ikut dari beberapa tahun lalu, cuma karena aku belum berani dan sempat tertunda skripsi jadinya diundur terus, baru bisa ikut tahun ini," ujar Ryan seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (25/11).

Pria kelahiran Jakarta, 22 Agustus 1996 ini akhirnya mencoba peruntungan untuk ikut audisi Indonesian Idol yang dilakukan secara daring akibat pandemi Covid-19. Di sini, para calon peserta dijaring melalui RCTI+ , Facebook, dan Instagram.

Mengikuti audisi melalui Instagram Online Audition, Ryan berhasil melewati tantangan menyanyikan lagu Terlanjur Mencinta yang dipopulerkan tiga besar kontestan Indonesian Idol X, yakni Lyodra Ginting, Tiara Andini , dan Ziva Magnolya. Pemilik follower lebih dari 90 ribu ini pun mampu menembus 200 besar, dan menunjukkan kemampuannya di hadapan juri.

"Protokol kesehatan di kala pandemi ini menjadi ketat banget. Selama menjalani audisi, kita dipastikan membawa hand sanitizer, memakai masker, alat makan dan minum sendiri, serta face shield setiap saat. Walaupun kita semua sebagai peserta sudah swab test, tetapi kita semua juga tetap diminta untuk jaga jarak," ungkap Ryan, yang kini menjalani aktivitas sebagai model iklan freelance serta content creator dan influencer.

Sayangnya, langkah Ryan Goutama harus terhenti di audisi kedua. Ryan belum mampu memuaskan para juri melalui lagu Lewis Capaldi berjudul Before You Go yang dibawakannya. Meski begitu, Ryan tetap merasa puas, karena dapat bertemu para juri. "Kayaknya wow bisa berdiri dan menyanyi di hadapan para idola Indonesia," kata pengidola Judika, Tulus, Ziva Magnolya, Bruno Mars, Lewis Capaldi dan James Arthur tersebut.

Selepas kegagalannya tersebut, sesuai dengan hobinya, yaitu bernyanyi, traveling, kuliner dan nge-gym, Ryan sering membuat konten seperti mengcover lagu, review makanan, serta berolahraga guna menjaga kesehatan tubuh.

Sementara itu, di luar itu semua, Ryan ternyata merupakan seorang pekerja keras. Dia sudah terbiasa bekerja sejak masih duduk di bangku SMA. Anak pertama dari empat bersaudara ini enggan untuk merepotkan ibunya yang merawatnya sebagai single parent.

"Orang tua sudah pisah semenjak dari SD dulu. Jadi begitu SMA, aku rasa aku mesti buktiin kalau aku pun bisa untuk cari biaya kuliah dan mulai cari-cari kerjaan. Mulai jadi SPB di event-event, SPB sepatu di mall, cuci piring di restoran, ikut-ikut kontes duta remaja, dan akhirnya mulai casting-casting," kata pemilik akun Instagram @RyanGoutama ini.

(Baca juga: Diberi Tiket Titanium, Peserta Audisi Indonesian Idol Ini Malah Menolak )

Sekali masuk iklan pertama, ternyata itu jadi batu lompatan buat kerjaan-kerjaan seperti FTV dan lain-lain. "Aku percaya semua itu juga karena bantuan doa dari mama aku di rumah. Toh, aku enggak mungkin ada sampai di sini kalau enggak dibantu sama orang-orang baik di sekitar yang selama ini sudah mendukung," ucapnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)