Mudahnya Mengolah Ikan Goreng Saus Thai, Ini Resepnya

loading...
Mudahnya Mengolah Ikan Goreng Saus Thai, Ini Resepnya
Bunda, punya stok ikan gurame di rumah? Olah saja menjadi Ikan Goreng Saus Thai untuk hidangan spesial keluarga tercinta hari ini. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Bunda, punya stok ikan gurame di rumah? Olah saja menjadi Ikan Goreng Saus Thai untuk hidangan spesial keluarga tercinta hari ini. Perpaduan lembutnya daging ikan gurame dengan saus kaya rasa membuat masakan ini bisa jadi menu favorit keluarga.

Selain rasanya yang enak, ikan juga menyehatkan. Jadi, Anda tidak perlu pusing mengolah ikan gurame untuk kali ini. Bagaimana membuatnya? Berikut resep Ikan Goreng Saus Thai seperti dikutip dari Endeustv. (Baca juga: Semprotan Hidung Ini Diklaim Mampu Hancurkan Virus Corona Baru )

Bahan-bahan:
1 ekor ikan gurame, siangi
4 cm jahe, parut
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
Minyak goreng
2 batang daun ketumbar, cincang

Saus Thai:
4 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, cincang
1 batang serai, memarkan
6 lembar daun jeruk
6 buah cabai kering, potong kecil
2 buah tomat, buang biji, cincang
200 ml air
2 sdm kecap ikan
3 sdm brown sugar
½ sdt garam
2 sdt tepung tapioka, larutkan dalam 1 sdm air
2 batang daun bawang, iris halus



Cara membuat:
Buat beberapa keratan di badan ikan. Lumuri ikan dengan jahe, bawang putih dan garam. Goreng ikan dalam minyak panas yang banyak hingga matang dan renyah. Angkat, tiriskan. Saus Thai, panaskan 2 sdm minyak dalam wajan. (Baca juga: 5 Wanita dengan Zodiak Ini Tertarik pada Pria Lebih Muda )

Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan serai, daun jeruk, dan cabai kering. Aduk. Masukkan tomat cincang, masak hingga tomat agak hancur. Tambahkan air, kecap ikan, brown sugar, garam dan larutan tepung tapioka.

Aduk. Masak hingga mendidih dan mengental, masukkan daun bawang, aduk. Angkat. Sajikan ikan goreng dengan saus Thai dan taburan daun ketumbar.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top