Lestarikan Batik Indonesia, Pigeon Kembali Luncurkan Botol Motif Batik

loading...
Lestarikan Batik Indonesia, Pigeon Kembali Luncurkan Botol Motif Batik
Pigeon kembali meluncurkan botol motif batik berkolaborasi dengan desainer batik Iwet Ramadhan. Foto/Pigeon
JAKARTA - Pigeon kembali meluncurkan botol motif batik berkolaborasi dengan desainer batik Iwet Ramadhan. Ini merupakan tahun ke-7 Pigeon memperlihatkan komitmen dan kontribusi dalam melestarikan batik dengan mengembangkan botol motif batik.

Pigeon bersama Iwet Ramadhan berkolaborasi sejak awal Pigeon memperkenalkan koleksi pertama botol batiknya. Kolaborasi berkelanjutan ini karena adanya kesamaan prinsip untuk mengembangkan produk berkualitas dan melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa.

(Baca Juga: Mengapa The Body Shop Lakukan Aksi Damai? Ini Tuntutannya )

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima SINDOnews, Kamis (26/11), kolaborasi ini meghasilkan empat motif batik . Yaitu padma sebagai simbol kesucian dan kemurnian, bangau sebagai simbol kebahagiaan, kupu-kupu sebagai simbol cinta abadi, serta awan sebagai simbol kebahagiaan dan harapan.



Teratai (padma) terinspirasi dari proses pertumbuhan tanaman teratai yang hidup di lumpur dalam air dan dapat hidup di segala kondisi cuaca maupun keadaan yang akhirnya menghasilkan bunga teratai yang cantik di permukaan air. Inspirasi dan filosofi ini dinilai sesuai dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

Iwet Ramadhan dan Pigeon akan terus menciptakan motif-motif batik yang indah dengan filosofi untuk diperkenalkan oleh orang tua kepada generasi penerus bangsa. Setiap motif batik pada botol Pigeon dikembangkan tak hanya untuk keindahan, tetapi juga memiliki filosofi seperti doa terbaik orang tua untuk pertumbuhan buah hatinya.

Tahun ini Pigeon juga meluncurkan feeding set dan kain batik tulis motif phoenix. Ke depannya diluncurkan kain batik tulis dan pouch batik teratai hasil karya pembatik ibu-ibu Rusunawa Pulogebang binaan Iwet Ramadhan, sebagai kelanjutan dan konsistensi untuk mendukung pembatik Indonesia agar tetap dapat berkarya dan melestarikan kebudayaan batik Indonesia.



Sementara itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak kurang beruntung, Pigeon akan mendonasikan sebagian penjualan botol batik teratai, kain batik tulis phoenix, dan kain batik tulis serta pouch batik teratai kepada Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-Langit (YPPCBL) untuk operasi celah bibir dan langit-langit senilai Rp165 juta.

(Baca Juga: Dongeng Mempermudah Orang Tua Edukasi Nutrisi pada Anak )

Melalui botol motif batik ini, diharapkan para ibu dapat tetap memberikan ASI ( air susu ibu ) kepada buah hati mereka, sekaligus untuk memperkenalkan budaya bangsa agar bayi dapat tumbuh sehat dengan menyusui secara alami.

Sedangkan untuk kain batik dan pouch batik ini dapat berkontribusi membantu pembatik Indonesia tetap berkarya dan melestarikan budaya batik kepada generasi selanjutnya.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top