Mulanya Iseng, Cosplay Buatan Bayu Malah Dikenal hingga Mancanegara

Jum'at, 27 November 2020 - 12:50 WIB
loading...
Mulanya Iseng, Cosplay Buatan Bayu Malah Dikenal hingga Mancanegara
Sejak 2010, Bayu sudah mulai gemar membuat kostum cosplay, namun kala itu hanya sebatas keisengan semata. / Foto: dok. bayumakusu
A A A
JAKARTA - Industri kreatif anak bangsa tampaknya tidak pernah surut. Para pemuda Indonesia tampaknya benar-benar memahami peluang pasar dunia kreatif. Salah satunya diperlihatkan memalui ramainya kostum cosplay buatan anak bangsa.

(Baca juga: Andhika Pratama Nyanyi Lagu Campur Sari Jelang The Next Didi Kempot )

Seiring banyaknya penggemar anime dan karakter superhero , permintaan terhadap kostum cosplay pun turut meningkat. Peluang ini pun mampu dibaca dengan baik oleh costume maker asal Semarang, Bayu. Sejak 2010, Bayu sudah mulai gemar membuat kostum cosplay, namun kala itu hanya sebatas keisengan semata.

Dan pada 2014, Bayu sudah berpikir untuk lebih serius menggeluti pembuatan kostum tersebut. Pada mulanya, Bayu melakukan penjualan terbatas di dalam negeri saja. Hingga tiga tahun berselang, tidak sedikit orang-orang luar negeri yang mulai mengenal kostum buatannya. Dia pun mengirim kostum buatannya hingga ke benua Amerika .

Hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa buat anak muda di Indonesia, pasalnya untuk menembus pasar internasional tidaklah mudah. "Awalnya mungkin sering membagikan ke lingkungan di luar Indonesia," ungkap pria yang biasa dikenal Baymax dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/11).

"Kebanyakan yang saya bagikan juga berbahasa asing seperti Inggris atau Jepang , meskipun saya sendiri tidak terlalu fasih," tambahnya.

Berkat upayanya tersebut, produk kostum cosplay milik Baymax dapat dikenal hingga mancanegara, seperti Amerika, Inggris, Jepang, dan lainnya. Jepang sendiri menjadi pelanggan produk buatannya. Itu tak terlepas dari adanya rekan Bayu yang menjadi perantara antara dia dengan pelanggan di Negeri Sakura. "Ini salah satu kunci kesuksesan agar produk yang kita miliki bisa tembus ke pasar global," sahutnya.

Lantas kelebihan apa yang membuat kostum cosplay buatan Baymax bisa menembus pasar global dan mendapat hati dari kalangan pecinta cosplay? Sang kreator pun mengatakan bahwa keunggulan dari produknya adalah dari segi detail, kemiripan, dan proporsinya.

"Sebelum dikerjakan, langkah sebelumnya adalah proses desain dan pengukuran. Dengan menggunakan software yang mendukung untuk 3D modeling dan measuring. Dari situ saya tentukan besar kecilnya tiap bagian kostum, agar tetap terlihat bagus meski badan customer berbeda beda ukurannya," papar Baymax.

Sementara untuk bahan dasarnya, Bayu memanfaatkan busa ati dan kulit. Beberapa bagian untuk membuat baju dan celananya, dia menggunakan spandex. Spandex sendiri dikenal kuat dan awet untuk pembuatan kostum. Serta untuk bagian yang membutuhkan detail akurat, dia menggunakan 3D printing dan resin.

(Baca juga: Lola Bakery, Game yang Seru Dimainkan Bareng Keluarga )

"Kalau mau tahu lebih detail cosplay buatan saya sih bisa dilihat di Instagram @bayumakusu. Atau kalau berminat dan ingin tanya-tanya lebih lanjut bisa hubungi 0857 0306 9508, mau itu lewat WA, telepon, atau SMS, enggak ada masalah," pungkas Bayu.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)