Wah, Minyak Zaitun Jadi Rahasia Cantik Cleopatra

Sabtu, 28 November 2020 - 13:54 WIB
loading...
Wah,  Minyak  Zaitun Jadi Rahasia Cantik Cleopatra
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Minyak zaitun seringkali digunakan untuk bahan pokok memasak dan bahan penting untuk kesehatan. Tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Ahli bedah plastik estetika, Paul Lorenc menuturkan, minyak zaitun mengandung antioksidan yang melawan kerusakan akibat radikal bebas. Minyak zaitun juga mengandung bahan yang disebut squalene, yang sangat melembabkan kulit.

Baca juga : Rileks di Weekend Sambil Nonton Konser Musik Maliq & DEssentials

Lorenc menerangkan, minyak zaitun telah digunakan pada kulit sejak zaman kuno. Bahkan Cleopatra adalah penggemarnya. "Dari menggunakannya pada rambut hingga digunakan pada alis, minyak zaitun bukanlah hal baru dalam industri kecantikan,’’ ujar Lorenc seperti yang dilansr dari Byrdie.com.

Lorenc menjelaskan, minyak zaitun berasal dari pemerasan minyak dari buah zaitun utuh. Minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini merupakan lemak sehat yang memberikan beragam manfaat bagi kesehatan dan kosmetik dan juga mengandung antioksidan yang baik untuk kulit.

Sementara itu ahli kimia kosmetik dan pendiri merek perawatan kulit Hop & Cotton yang berbasis di Australia, Ee Ting Ng menambahkan, minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kulit, mulai dari melembapkan hingga menghapus riasan yang membandel. "Manfaat utama minyak zaitun adalah melembapkan kulit dengan mengurangi kehilangan air. Pelembap alami ini meningkatkan kadar air pada kulit, " ujar Ng.

Sifat antioksidan minyak zaitun menurut Ng juga melindungi sel kulit dari kerusakan lingkungan. Minyak zaitun kaya akan vitamin A, D, K dan E, serta squalene. "Ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit yang dapat mempercepat penuaan kulit," ujar Ng.

Baca juga : Vicky Menjebak Satria di Bima S Episode 9, Benarkah Dia Berkhianat?

Dengan manfaat tambahan dari antioksidan dan squalene yang menghidrasi, minyak zaitun menurut Ng juga dapat melembapkan kulit halus di area mata. Tak hanya itu minya zaitun dapat menutrisi bulu mata seperti halnya kondisioner pada rambut.

Berbagai manfaat Kandungan minyak zaitun kini dapat ditemukan dalam apa saja mulai dari serum hingga pembersih wajah. “Ingatlah bahwa minyak zaitun dapat rusak karena panas, cahaya, atau oksigen yang berlebihan. Sebaiknya simpan minyak zaitun di tempat yang sejuk dengan tutup yang tertutup rapat,” ujar Ng.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)