Simak V Cooking Class from Home, Ini Resep Udang Telur Asin Super Crispy!

Sabtu, 28 November 2020 - 17:42 WIB
loading...
Simak V Cooking Class from Home, Ini Resep Udang Telur Asin Super Crispy!
Makanan yang diolah dengan bumbu salted egg atau telur asin semakin banyak diminati masyarakat. Acara V Cooking Class from Home berbagi resepnya. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Makanan yang diolah dengan bumbu salted egg atau telur asin semakin banyak diminati masyarakat sejak beberapa tahun terakhir. Bumbu ini berasal dari kuning telur asin yang dihaluskan dan dibuat menjadi saus kental yang lezat.

Telur asin yang dipercaya berasal dari kebudayaan Tiongkok memang mudah ditemukan di manapun di Asia, termasuk di Indonesia. Telur asin sendiri dikenal dengan baunya yang tajam dan khas, namun tren kuliner membuktikan sajian ini mudah diolah menjadi ragam sajian apapun yang menarik dan memanjakan lidah. (Baca juga: Gampang Banget Bikin Olahan Lobster yang Lezat di Rumah )

Dalam event V Cooking Class from Home yang diselenggarakan oleh V Radio pada Sabtu, 28 November 2020 di Century Park Hotel Jakarta, sajian kekinian yang menggunakan olahan salted egg atau telur asin dipilih sebagai menu cooking class kali ini, yaitu Udang Telur Asin.

Menurut Chef Raynaldo, Sous Chef Century Park Hotel Jakarta, menu ini termasuk yang banyak disukai oleh tamu-tamu di hotelnya. “Menu andalan Hotel Century sebetulnya lebih banyak sajian tradisional, tapi karena mengikuti perkembangan zaman dan banyak yang request, kita sudah mulai masukkan udang telur asin ini ke dalam menu,” kata Chef Raynaldo kepada V Radio sebelumnya di Century Park Hotel Jakarta, Jumat (27/11).

Pada saat cooking class from home berlangsung, Sabtu (28/11), Chef Raynaldo menjelaskan kepada para peserta yang mengikuti dari rumah bahwa bahan-bahan dan bumbu untuk membuat makanan ini sangat mudah ditemui, sehingga bagi yang ingin mencoba di rumah dapat langsung mempraktekkannya.
Simak V Cooking Class from Home, Ini Resep Udang Telur Asin Super Crispy!

Berikut resep dan cara memasak Udang Telur Asin dari Chef Raynaldo, yang bisa langsung dicoba di rumah.
Bahan:
Untuk memasak Udang Telur Asin, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu udang, telur asin, daun bawang, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, daun jeruk, daun kari, daun pastry, air dingin dan butter.

Cara Memasak:
1. Kupas dan bersihkan udang
Yang pertama dilakukan adalah mengupas kulit udang, buang bagian kepala, dan bersihkan kotoran dari bagian punggungnya. Lalu, dengan menggunakan pisau, buat tiga irisan tipis melintang pada bagian punggung udang. Lakukan dengan perlahan sambil menekan-nekan dagingnya. Udang yang dapat digunakan adalah udang jenis tiger crown atau boleh jenis lain yang ukurannya tidak besar. (Baca juga: Wah, Minyak Zaitun Jadi Rahasia Cantik Cleopatra )
2. Buat adonan tepung
Ada dua jenis adonan yang dipakai untuk menu ini yaitu tepung kering dan tepung basah. Paling mudah gunakan tepung tempura. Namun sebagai alternatif bila tidak ada tepung tempura, dapat menggunakan tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 1:1 lalu tambahkan seujung sendok teh baking powder agar udang mengembang. Selanjutnya tambahkan air dingin agar udang lebih crispy. Pastikan adonan tepung tidak terlalu encer agar dapat menempel pada udang, dan sebaliknya jangan terlalu kental karena akan membuat udang menjadi keras. Masukkan air sedikit demi sedikit, lalu taburkan sedikit garam dan lada. Aduk kembali hingga merata.
3. Proses pencampuran
Ambil udang dan campurkan ke dalam adonan tepung kering, lalu angkat udangnya dan masukkan ke dalam adonan tepung basah yang sudah dibuat.
4. Proses penggorengan
Masukkan udang yang sudah dicampur dengan tepung tadi ke dalam minyak panas, dengan api sedang. Lakukan perlahan-lahan dan jangan terlalu lama, cukup 4 menit saja. Angkat dan tiriskan jika sudah berwarna kuning gold, lalu sajikan di atas wadah piring.
5. Pembuatan bumbu telur asin
Gunakan butter (atau dapat diganti margarin) agar sajian terasa creamy, campurkan dengan kuning telur asin. Masukkan ke dalam wajan penggorengan dan oseng-oseng sampai berbusa. Telur asin yang bagus digunakan adalah yang sudah berminyak dan tidak kopong.
6. Campurkan bahan-bahan lain
Untuk mengurangi bau amis, tambahkan bahan-bahan lain yaitu lada, daun jeruk, daun bawang, bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan daun kari. Dapat juga tambahkan cabe rawit untuk menambah rasa pedas. Tumis semuanya dengan api kecil hingga matang dan berminyak. Tambahkan sedikit air jika terlalu kental, dan taburi sedikit garam supaya gurih.
7. Penyajian
Oleskan bumbu telur asin di atas udang yang tadi sudah disiapkan di wadah piring. Untuk mempercantik riasan, dapat ditambahkan wortel yang sudah dibentuk bunga dan daun pastry. Menu Udang Telur Asin kini siap disantap oleh teman dan keluarga.

Menu udang telur asin ini sangat mudah dibuat, dan dapat dimodifikasi dengan menggunakan bahan lain seperti cumi, ikan dori, atau ayam. (Baca juga: Jadi Istri dan Ibu Satu Anak, Begini Cara Amanda Manopo Tampil di Ikatan Cinta )

V Cooking Class from Home adalah salah satu signature event V Radio yang diadakan berkala setiap bulan. V Radio adalah stasiun radio dalam naungan MNC Radio Networks dan mengudara di Jakarta sejak 14 Februari 2011 dengan mengusung format adult contempary lifestyle. V Radio secara khusus menyasar segmen pendengar perempuan dewasa muda dalam rentang usia 28-38 tahun, single atau menikah, dan family oriented.

Dalam operasionalnya, V Radio menyajikan hiburan dan informasi terbaik bagi perempuan yang aktif dan dinamis bersama keluarga. Informasi lebih lanjut mengenai V Radio dapat ditemui di www.vradiofm.com atau akun Instagram @vradiofm.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)