Ini Trik Merapikan dan Menata Lemari Baju Agar Tidak Semrawut

loading...
Ini Trik Merapikan dan Menata Lemari Baju Agar Tidak Semrawut
Lemari yang rapi akan telihat lebih elegan. (Foto: Dok/Housemethod)
JAKARTA - MENATA lemari pakaian tidak hanya dari desain luarnya. Merapikan isi dalamnya sangat penting untuk membuat penataannya terlihat rapi, jangan sampai menunggu baju berjejal tak karuan.

Semakin isi lemari berantakan, biasanya semakin malas untuk merapikannya. Tapi, Merapikan lemari merupakan investasi berharga untuk menghemat waktu saat ingin mencari dan menggunakan busana yang sesuai dengan keinginan.

Agar Anda merasa nyaman mencari busana, berikut ini beberapa tips yang efektif menurut desainer interior Wawan Setiawan agar lemari pakaian tetap terlihat rapih.

Langkah pertama, Anda bisa menyortir baju sesuai warna dan kebutuhan. Caranya, keluarkan semua isi lemari dan segera sortir baju-baju yang sering dipakai dan tidak pernah dipakai. Tetapkan aturan agar lemari tidak berjejal.



"Langkah kedua, bikin kompartemen atau area khuus untuk pakaian khusus. Anda bisa membuat area penyimpanan dengan cara dilipat, digantung, atau digulung. Jika Anda memiliki lemari berukuran besar, siasati dengan membuat tempat gantungan baju dari besi," ujar Wawan.

Langkah ketiga, perhatikan frekuensi pemakaian. Simpan pakaian yang paling sering dipakai sejajar dengan pemandangan mata misalnya, kemeja kerja, yang jarang dipakai letakkan di bawahnya. Sedangkan, baju yang dipakai pada waktu tertentu saja di bagian atas lemari.

Langkah keempat, perhatikan kemudahan pengambilannya. Jangan menumpuk terlalu tinggi, maksimal 10 tumpukan agar tidak mudah jatuh saat diambil. Bila diperlukan, Anda bisa menambahkan lampu di dalamnya agar memudahkan pencarian.

"Langkah kelima, simpan sesuai jenis karakter. Pilih penyimpanan sesuai kebutuhan untuk memudahkan pengaturan pakaian yang dilipat sebaiknya disimpan terpisah. Misalnya, kaus polos dan bercorak atau busana rajut memiliki bagian masing-masing," tegasnya.
(wan)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top