Hari AIDS Sedunia, ODHA Tetap Harus Ikuti Pedoman Pencegahan Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020 - 14:49 WIB
loading...
Hari AIDS Sedunia, ODHA Tetap Harus Ikuti Pedoman Pencegahan Covid-19
Orang dengan HIV AIDS (ODHA) juga dianjurkan untuk mengikuti pola hidup sehat, meningkatkan kekebalan tubuh, makan sehat, dan olahraga teratur. / Foto: Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Hari AIDS Sedunia dirayakan pada 1 Desember setiap tahunnya. Saat memperingati Hari AIDS Sedunia di tengah pandemi Covid-19 tahun ini, penting untuk memahami bagaimana kondisi ini, dan berpotensi memengaruhi respons sistem kekebalan manusia terhadap virus corona baru yang menyebabkan Covid-19.

(Baca juga: Hari AIDS Sedunia: Memutus Mata Rantai HIV di Masa Pandemi Covid-19 )

Sesuai dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) AS, orang dengan HIV harus mengikuti pedoman umum pencegahan Covid-19. Memakai masker, menjaga jarak, menjaga kebersihan tangan dan pernapasan tetap menjadi hal terpenting, sampai ada vaksin yang efektif dan aman untuk mencegah infeksi virus yang mematikan.

Selain itu, orang dengan HIV AIDS (ODHA) juga dianjurkan untuk mengikuti pola hidup sehat, meningkatkan kekebalan tubuh, makan sehat, dan olahraga teratur.

Seperti ditulis Times Now News, Senin (1/12), minum obat untuk pengobatan HIV tepat waktu dan teratur juga dianjurkan agar tetap sehat dan terhindar dari komplikasi akibat pandemi yang sedang berlangsung.

Hari AIDS Sedunia menyebarkan kesadaran tentang kondisi tersebut. Tema Hari AIDS Sedunia 2020 adalah Mengakhiri Epidemi HIV/AIDS: Ketahanan dan Dampak. Pada hari ini, orang-orang di seluruh dunia bersatu melawan AIDS , untuk menunjukkan dukungan kepada mereka yang hidup dengan HIV dan untuk memeringati mereka yang telah meninggal karena AIDS.

Hari AIDS Sedunia kali pertama diperingati pada 1988 sebagai hari kesehatan global yang pertama. Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) adalah kondisi yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus HIV menyerang sistem kekebalan pasien dan mengurangi daya tahannya terhadap penyakit lain.

(Baca juga: Pandemi, Edukasi HIV/AIDS di Papua Perlu Lebih Ditingkatkan )

AIDS adalah tahap terakhir seseorang yang hidup dengan HIV. Namun, sebagaimana mengutip NDTV, Selasa (1/12), dengan bantuan medis yang tepat, seseorang dapat hidup sehat sekaligus positif HIV, tanpa mengembangkannya ke tahap tersebut.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3086 seconds (0.1#10.140)