7 Cara Cegah Diabetes, Salah Satunya Minum Kopi dan Teh

Rabu, 02 Desember 2020 - 23:40 WIB
loading...
7 Cara Cegah Diabetes, Salah Satunya Minum Kopi dan Teh
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Kasus yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan kondisi serius lain.

Sebelum diabetes didiagnosis, ada periode di mana kadar gula darah tinggi tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes. Ini dikenal sebagai pradiabetes. Diperkirakan hingga 70% orang dengan pradiabetes terus mengembangkan diabetes tipe 2. Namun, perkembangan dari pradiabetes menjadi diabetes tidak bisa dihindari.

( )

Meskipun ada faktor tertentu yang tak dapat diubah seperti gen, usia, atau perilaku masa lalu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Berikut tips mencegah diabetes tipe 2, seperti dilansir dari laman Health Line, Rabu (2/12).

1. Berolahraga Teratur
Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin, yang bisa membantu mencegah perkembangan dari pradiabetes menjadi diabetes.

2. Minum Air Putih sebagai Minuman Utama
Minum air putih sebagai pengganti minuman lain dapat membantu mengontrol gula darah dan kadar insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes.

3. Turunkan Berat Badan Jika Obesitas
Berat badan berlebih, terutama di area perut, meningkatkan kemungkinan terkena diabetes. Menurunkan berat badan secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes.

4. Berhenti Merokok
Merokok sangat terkait dengan risiko diabetes, terutama pada perokok berat. Berhenti merokok telah terbukti mengurangi risiko ini dari waktu ke waktu.

5. Perhatikan Ukuran Porsi
Menghindari konsumsi ukuran porsi besar dapat membantu menurunkan insulin dan kadar gula darah serta menurunkan risiko diabetes.

( )

6. Hindari Perilaku Tidak Aktif
Menghindari perilaku tidak aktif seperti duduk berlebihan telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes.

7. Minum Kopi atau Teh
Minum kopi atau teh dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi risiko diabetes.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6240 seconds (0.1#10.140)