Trik Super Mudah Jadikan Makanan Terasa Lebih Enak

Kamis, 03 Desember 2020 - 06:31 WIB
loading...
Trik Super Mudah Jadikan Makanan Terasa Lebih Enak
Memasak adalah tentang memasukkan rasa serta aroma yang tepat ke dalam hidangan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Dalam hal memasak, satu langkah saja dapat membuat atau menghancurkan rasa makanan. Memasak adalah tentang memasukkan rasa serta aroma yang tepat ke dalam hidangan.

Menyiapkan menu merupakan tugas yang memakan waktu dan bahkan meskipun terlihat luar biasa di atas piring, kerja keras akan sia-sia bila tak mampu menarik selera. Berikut beberapa trik super mudah yang akan membuat makanan Anda sehari-hari terasa lebih enak, seperti dilansir dari laman Times of India.

( )

1. Jangan Potong Bawang Putih dan Jahe Terlalu Awal
Pastikan Anda memotong jahe dan bawang putih tepat sebelum digunakan. Memotong jahe dan bawang putih duluan biasanya akan menyebabkan hilangnya rasa serta menimbulkan aroma yang berbeda.

Hal lain yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat antara jahe dan bawang putih dalam makanan adalah membuang pasta yang sudah jadi karena tidak hanya sarat pengawet, tetapi juga tidak akan membawa rasa yang sama dengan yang baru dibuat.

2. Panaskan Minyak dengan Baik
Tunggu sampai minyak dalam wajan benar-benar panas sebelum menambahkan bumbu atau sayuran. Biasanya, suhu wajan turun saat Anda menambahkan sayuran ke dalamnya. Hal ini dapat mengganggu proses menumis. Yang perlu dilakukan adalah memanaskan minyak dengan baik dan tambahkan bahan yang diperlukan ke dalam wajan.

Terlalu memanaskan wajan juga tidak disarankan karena akan membakar sayuran saat Anda memasukkannya. Ini juga dapat menyebabkan sayuran menempel di bagian bawah wajan. Oleh karena itu, memanaskan minyak dengan benar dalam wajan adalah langkah penting sebelum Anda mulai memasak.

3. Menggunakan Produk Musiman
Produk musiman tidak hanya segar, tetapi juga menutupi kekurangan nutrisi tertentu di dalam tubuh. Produk musiman lebih baik dibandingkan yang sudah dibekukan. Buah dan sayuran beku kurang nutrisi dan rasa. Sayuran khusus musim akan jauh lebih berair dan membuat rasa makanan Anda lebih enak.

4. Kembang Kol sebagai Pengganti Krim
Ingin pengganti krim kental yang lebih sehat dengan rasa yang sama? Ganti dengan kembang kol. Cukup kukus dan haluskan kembang kol dan gunakan dalam hidangan berbahan dasar krim. Ini akan membuat hidangan lebih kental, lebih lembut tetapi tidak akan menambah kalori ekstra pada makanan Anda.

( )

5. Tambahkan Daun Ketumbar
Tips lain yang perlu Anda ingat adalah menghias di saat-saat terakhir. Biasanya dalam masakan India, ketumbar cincang ditaburkan di atas dal, kari, dan sayuran untuk menambah cita rasanya. Langkah ini harus selalu dilakukan setelah mematikan nyala api.

Daun ketumbar bisa cepat lembek jika ditambahkan sebelumnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan garnishing dan menutup tutupnya. Uap dari makanan cukup untuk menanamkan rasa dan aroma daun ketumbar pada makanan tersebut.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0833 seconds (0.1#10.140)