Ingin Tidur Lebih Pulas? Coba Konsumsi Telur Rebus SebelumTidur!

Kamis, 03 Desember 2020 - 11:10 WIB
loading...
Ingin Tidur Lebih Pulas? Coba Konsumsi Telur Rebus SebelumTidur!
Konsumsi telur rebus sebelum tidur membuat tidur Anda lebih pulas. Foto/Thekitchen
A A A
JAKARTA - Makan telur rebus sebelum tidur dipercaya dapat membantu tidur lebih nyenyak. Telur rebus menjadi pengobatan mudah dan murah bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia . Makanan ini terbukti meningkatkan kualitas tidur.

Ahli diet Sharon Natoli menjelaskan, bahwa telur, bersama dengan ikan dan kacang-kacangan, adalah salah satu sumber makanan tinggi melatonin, yang telah terbukti membantu orang untuk tidur dan tetap tertidur.

Baca juga : Guru Besar Kesehatan Anak UI: Ini Cara Edukasi 3M kepada Anak-anak

"Kekurangan vitamin dan mineral seperti vitamin B1, folat, fosfor, magnesium, besi, seng, dan selenium dapat mempersingkat durasi tidur. Selain itu, asupan vitamin D yang rendah dikaitkan dengan kesulitan mempertahankan tidur," jelas Natoli dilansir dari News.com.au, Kamis (3/12).

"Semua nutrisi ini ditemukan dalam telur dengan telur menjadi sumber folat yang sangat baik. 49% direkomendasikan asupan harian per sajian dua telur, vitamin B12 40% RDI per sajian dan selenium 59% RDI per sajian," lanjutnya.

Dua jam sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk makan telur. Natoli menyarankan telur rebus adalah camilan ringan yang sempurna. Makan telur sebagai camilan ringan sebelum tidur daripada memakannya sebagai bagian dari makanan besar menjelang waktu tidur adalah yang terbaik.

"Hindari memakannya dengan makanan lain yang mungkin tinggi lemak jenuhnya, seperti kue, atau dengan makanan manis karena asupan tinggi lemak jenuh dan gula dapat menurunkan kualitas tidur secara keseluruhan. Makan makanan besar menjelang waktu tidur juga dapat berdampak negatif pada kualitas tidur," saran Natoli.

Efek telur pada kualitas tidur paling bermanfaat bagi mereka yang sulit tidur, daripada menyebabkan kantuk. Jika status gizi seseorang buruk atau kadar melatoninnya rendah, makan telur dapat membantu mereka meningkatkan kualitas tidur dengan membantu memperbaiki kedua area ini.

Baca juga : Jangan Lelah Ajak Anak Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Sebagaimana dinyatakan dalam Pedoman Diet Australia, tampaknya tidak ada peningkatan risiko kesehatan yang terkait dengan konsumsi telur. Bukti terbaru menunjukkan bahwa konsumsi telur setiap hari tidak terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

"Saya merekomendasikan telur dimakan sebagai bagian dari diet seimbang yang sehat termasuk berbagai makanan dari kelompok makanan daging atau ikan atau unggas atau kacang-kacangan atau biji-bijian," tandasnya.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)