Saat Pandemi, Cek Kesehatan Bisa Dilakukan dari Rumah

Jum'at, 04 Desember 2020 - 11:30 WIB
loading...
Saat Pandemi, Cek Kesehatan Bisa Dilakukan dari Rumah
Bekerjasama dengan Prodia, Good Doctor menawarkan kemudahan untuk cek kesehatan melalui ponsel. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pemeriksaan kesehatan berkala menjadi cara untuk mengontrol kondisi kesehatan. Namun selama masa pandemi berjalan hampir satu tahun ini kita menjadi membatasi untuk keluar rumah untuk menghindari penularan virus corona . Rutinitas untuk melakukan pengecekan kesehatan pun terabaikan, sementara bisa jadi berbagai penyakit serius seperti jantung karena kadar kolesterol yang tidak terkontrol. Namun di era teknologi saat ini, pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan lebih mudah dari ponsel Anda.

PT Prodia Widyahusada Tbk, bekerja sama dengan Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) pun menyediakan pemeriksaan kesehatan yang dapat dipesan melalui layanan telemedis Good Doctor. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi jutaan masyarakat di seluruh Indonesia dalam menjangkau layanan kesehatan khususnya pemeriksaan laboratorium Prodia melalui aplikasi Good Doctor di dalam GrabHealth.

Baca juga : Nyeri Haid Bisa Diantisipasi dengan Memonitor Siklus Menstruasi

Dalam sesi talkshow dengan tema “Siasati Kolesterol di Masa Pandemi: Cek Kesehatan Berkala, Pantau Ketat Kesehatan Kita”, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS., SpGK, Spesialis Gizi Klinik Konsultan Obesitas & Metabolisme menjelaskan bahwa selama hampir 10 bulan menjalani beragam kegiatan dari rumah untuk meminimalisasi terpaparnya virus Corona, terdapat hal lain yang perlu diwaspadai, yakni meningkatnya kadar kolesterol akibat kurang melakukan aktivitas fisik dan tidak memerhatikan pola makan.

“Pemeriksaan berkala komponen lemak darah atau profil lipid penting dilakukan berkala untuk mendeteksi peningkatan kadar kolesterol yang bisa saja tidak disertai gejala. Pemeriksaan berkala ini penting karena peningkatan kolesterol erat hubungannya dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung koroner dan strok,” ujar dr. Samuel Oetoro.

Layanan pemesanan paket pemeriksaan kesehatan Prodia, dapat diakses melalui aplikasi Grab, dengan mengeklik fitur “Kesehatan” atau “Health”, yang akan mengarahkan pengguna ke layanan Good Doctor. Di halaman utama Good Doctor, pengguna dapat memilih menu “Buat Janji Medis” atau “Make Medical

Appointment”, yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke halaman “Pilih Lokasi” atau “Choose a Venue”. Di halaman ini, pengguna dapat mengeklik menu “Laboratorium Klinik Prodia”, dan dilanjutkan dengan memilih jenis pemeriksaan yang ingin dilakukan, tanggal pemeriksaan, serta waktu pemeriksaan.

Kemudian, pengguna akan diminta untuk mengisi data diri yang sesuai untuk proses konfirmasi. Proses konfirmasi sendiri akan dilakukan maksimal 90 menit setelah pemberian data. Jika jadwal yang diajukan tersedia, maka pengguna akan mendapatkan email konfirmasi dari Good Doctor dan Prodia.

Selain melalui menu “Buat Janji Medis” atau “Make Medical Appointment”, pengguna juga bisa melakukan pembelian langsung layanan pemeriksaan Prodia pada menu HealthMall, yakni dengan mengeklik “Buy Health & Beauty Products” atau “Beli Obat & Produk Kesehatan” di halaman utama Good Doctor.

Baca juga : Ingin Tidur Lebih Pulas? Coba Konsumsi Telur Rebus SebelumTidur!

Sebelum melakukan pembelian, pengguna akan diarahkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan mitra dokter Good Doctor. Saat sesi konsultasi berlangsung, dokter dapat memberikan rekomendasi berupa pemeriksaan kesehatan dari Prodia dan jika pengguna setuju dengan bentuk pemeriksaan yang direkomendasikan, pengguna dapat mengeklik “Check Out” untuk mengisi data pengiriman dan memilih metode pembayaran. Pembelian layanan Prodia ini akan dilakukan dalam bentuk voucher. Setelah semua sesuai, pengguna dapat mengakhiri sesi dengan mengeklik “Konfirmasikan dan Bayar” kemudian Good Doctor akan mengirimkan surat undangan kepada pengguna dengan menyertakan kode voucher Prodia.

Dengan memanfaatkan layanan pemesanan paket pemeriksaan kesehatan via Good Doctor, masyarakat bisa menggunakan waktu dengan lebih efisien ketika melakukan kunjungan ke cabang Prodia karena pendaftaran, pemilihan pemeriksaan hingga pembayaran yang sudah dilakukan cukup melalui ponsel.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)