Festival Film Cannes 2020 Sulit Direalisasikan?

Kamis, 16 April 2020 - 20:30 WIB
loading...
Festival Film Cannes 2020 Sulit Direalisasikan?
Festival Film Cannes terus mengalami kemunduran waktu penyelenggaraan. Bahkan, saat ini dikabarkan belum mementukan waktunya karena pandemi virus corona. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Festival Film Cannes tidak akan diselenggarakan pada Juni 2020 karena pandemi virus corona atau COVID-19.

Festival bergengsi ini awalnya dijadwalkan pada 12-23 Mei mendsatang, namun pihak penyelenggara belum mengkonfirmasi tanggal baru dan masih terus meninjau pilihan-pilihan berbeda untuk acara bergengsi di dunia seni peran itu.

Berdasarkan pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada awal pecan lalu terkait memperluas lockdown nasional dan melarang semua acara publik, termasuk festival hingga pertengahan Juli, hal itu membuat Festival Film Cannes ke-73 yang awalnya dipertimbangkan dihelat pada akhir Juni hingga awal Juli pun harus pupus.

Oleh karena itu, waktu tersebut tidak lagi menjadi pilihan. "Jelas sulit untuk mengasumsikan bahwa Festival de Cannes dapat diadakan seperti biasa tahun ini," kata pihak penyelenggara seperti dilansir Variety.

Sejak diumumkan pada 19 Maret lalu, Festival Film Cannes 2020 tidak akan diadakan pada Mei, festival ini bergerak maju dengan rencana tentatif untuk menunda acara sampai akhir Juni hingga awal Juli. Tetapi, bertambahnya korban COVID-19 di Perancis membuat acara tahunan ini mustahil untuk dilanjutkan saat musim panas.

"Namun, sejak kemarin malam kami telah memulai banyak diskusi dengan para profesional di Perancis dan di luar negeri. Mereka setuju bahwa Festival de Cannes, pilar penting bagi industri film, harus mengeksplorasi semua kemungkinan yang memungkinkan dengan menjadikan Cannes 2020 terjadi dengan cara apapun," jelasnya.

Direktur festival Thierry Frémaux mengatakan pekan lalu bahwa mengubah festival menjadi acara virtual tidak akan berhasil. Salah satu alternatif yang mungkin adalah dengan menyelenggarakan Cannes pada musim gugur.

Namun, pada rentang waktu itu bisa bermasalah karena September sudah dipenuhi dengan festival film Venice, Toronto dan San Sebastian.

Sementara pada Oktober, Mipcom sudah dijadwalkan untuk berlangsung di Kota Cannes selama tiga hari hingga 15 Oktober. Itu akan memakan waktu sekitar satu bulan bagi festival untuk disatukan di kota Riviera Perancis.
(tdy)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1549 seconds (10.177#12.26)