Selain Wisata, Bali Dilirik untuk Musik Internasional hingga Miss World

Sabtu, 05 Desember 2020 - 16:28 WIB
loading...
Selain Wisata, Bali Dilirik untuk Musik Internasional hingga Miss World
Bali menjadi destinasi wisata utama di Indonesia, para turis takjub dengan alamnya, pantai, dan budaya. Pulau Dewata ini juga dilirik untuk acara musik dunia dan bahkan Miss World. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Bali menjadi destinasi wisata utama di Indonesia, para turis mancanegara seolah takjub dengan pesonanya, baik alamnya, pantai, atau budaya. Tapi, Pulau Dewata ini ternyata juga dilirik untuk menjadi tujuan kegiatan Meetings Incentives Conferences and Exhibitions (MICE) internasional. Baik itu acara musik, Miss World, IMF-World Bank, KTT ASEAN dan lainnya.

Sejak 2010, Bali menduduki rangking teratas dibanding 15 destinasi MICE lainnya di Tanah Air. Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, & Pameran (MICE) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Iyung Masruroh mengatakan, keberadaan fasilitas penunjang MICE untuk berbagai jenis acara bisa dijumpai di Bali. Termasuk di antaranya hotel-hotel bintang lima dan enam yang mempunyai fasilitas ruang konferensi dan rapat yang lengkap. Selain itu, tentunya didukung pula oleh keramahan penduduk Bali serta keindahan serta ketenangan alamnya yang dapat memberikan inspirasi. (Baca juga: Sambut Harbolnas 12.12, idEA Gandeng Kemenparekraf dan Bank Mandiri )

"Potensi pariwisata di Bali yang seakan tiada habisnya menjadikan program MICE sangat ideal digelar di sini dan sering kali menjadi pilihan bagi perusahaan, kantor, atau organisasi. Mereka biasanya tidak akan kesulitan membuat perencanaan kegiatan di Bali, termasuk menyesuaikan programnya dengan pilihan lokasi, fasilitas, nuansa, tema dan lainnya," jelas Masruroh.

Penyelenggara kegiatan dapat memilih beragam lokasi dan suasana di Bali. Mulai dari kawasan pantai, seperti di Nusa Dua, Kuta, Seminyak, dan puluhan pantai lainnya di sekeliling pulau ini. Apabila mengharapkan suasana damai dikelilingi terasering pesawahan maka dapat memilih Kawasan Ubud yang juga dikenal dengan seni dan budayanya. Untuk pengalaman berkegiatan di dataran tinggi maka dapat memilih Kintamani yang menawarkan keindahan alam dengan udara sejuk.

"Bali tidak diragukan memiliki fasilitas MICE yang lengkap dimana hampir di berbagai pelosok pulau terdapat hotel yang didukung dengan ballroom, ruang rapat ataupun sarana rekreasi untuk pesertanya. Beberapa hotel di Bali telah terkenal di dunia sebagai tempat meeting dengan pelayanan prima seperti di antaranya: The Westin Resort, Grand Hyatt, Courtyard Bali Nusa Dua Resort, Hilton Bali Resort, Mercure, Nusa Dua Beach Hotel, Grand Mirage, The Laguna, Grand Whiz, Novotel, Conrad Bali, Holiday Inn Resort, Park Hotel, Inaya Hotel, dan lainnya,"jelasnya.

Sebagai tujuan penyelenggaraan paket meeting, lokasi utamanya di Bali adalah, Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, Sanur, Ubud, dan bahkan sampai di Kintamani dan Bedugul. Seringkali program meeting tersebut dikawinkan dengan program perjalanan insentif seperti outbound atau team building, CSR, kunjungan obyek wisata, atau bahkan dikombinasi dengan wisata adventure. Insentif trip di Bali berupa outbound, outing, dan gathering juga dikemas dengan berbagai kegiatan dan durasi yang bervariasi mengikuti tujuan dan tema yang telah direncanakan.

"Menghelat pameran produk (exhibition) di Bali menjadi pilihan menarik karena selain warga Bali, pengunjung pameran dapat datang dari wisatawan mancanegara yang datang di Bali untuk melihat langsung produk yang dipamerkan sekaligus berinteraksi. Beberapa tempat di Bali mempunyai ruangan yang dapat dirancang sebagai tempat pameran seperti hotel di Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, dan Sanur"lanjut Masruroh.

Konvensi atau rapat besar juga telah sering diselenggarakan di Bali oleh organisasi atau perusahaan berskala nasional dan international. Kegiatan convention tentunya membutuhkan ruangan luas agar dapat menampung peserta dalam jumlah banyak. (Baca juga: Jam Tangguh G-shock GA 900, Cocok Street Fashion dan Wisata Alam )

Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) adalah fasilitas MICE di kompleks pengembangan pariwisata Bali Tourism Development Corporation. Tempat ini terintegrasi dengan hotel bintang lima dan memiliki akses langsung ke Bali Nusa Dua Hotel dengan kapasitas 96 kamar sebagai sarana penunjang akomodasi para delegasi. Dibangun diatas lahan 70.000 m2 bangunannya terinspirasi dari seni budaya arsitektur Bali dan memiliki 44 ruangan multi fungsi yang dapat menampung 10.000 orang.

BNDCC juga menjadi tempat bersejarah ajang Miss World 2013 atau edisi ke-63 kontes kecantikan Miss World. Pada acara yang diselenggarakan pada 28 September 2013, acara dibawakan oleh Myleene Klass, Kamal Ibrahim, Daniel Mananta, Amanda Zevannya dan Steve Douglas.

Di akhir acara, Miss World 2012, Yu Wenxia dari China memahkotai penerusnya, Megan Young dari Filipina sebagai Miss World 2013 dan menjadikannya sebagai wanita Filipina pertama yang memenangkan gelar Miss World.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2640 seconds (0.1#10.140)