Ini Dia Cara Bikin Bika Ambon yang Manis dan Kenyal di Mulut

Sabtu, 05 Desember 2020 - 17:08 WIB
loading...
Ini Dia Cara Bikin Bika Ambon yang Manis dan Kenyal di Mulut
Kue tradisional Indonesia ini memiliki tekstur yang kenyal, dan rasa manisnya akan membuat ketagihan. / Foto: Ilustrasi/Tastemade
A A A
JAKARTA - Bosan dengan kue yang itu-itu saja? Yuk buat bika ambon di rumah. Caranya cukup mudah. Bika ambon merupakan bintangnya kue manis khas Sumatera Utara, Medan. Kue tradisional Indonesia ini memiliki tekstur yang kenyal, dan rasa manisnya akan membuat ketagihan.

(Baca juga: Unik, Rumah Makan Ini Larang Pengunjung Tanya Harga )

Tidak perlu ke Medan untuk mencicipi kue satu ini. Pasalnya, Anda hanya membutuhkan bahan-bahan seperti tepung tapioka, telur, gula, dan santan. Kini bika ambon dijual bukan saja rasa asli tetapi sudah ada varian rasa pandan, durian, keju, dan cokelat. Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep membuat bika ambon dikutip dari Tastemade, Sabtu (5/12).

Bahan-bahan:
300 ml santan kental
100 ml santan cair
4 lembar daun jeruk buang batang
2 batang serai, memarkan
1 sdm kunyit bubuk

Bahan biang:
50 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm gula pasir
120 ml air
8 g ragi instan

Bahan utama:
2 butir telur utuh
8 butir kuning telor
100 g tepung sagu
50 g tepung ketan
200 g gula pasir
½ sdt garam
1 sdt vanilla bubuk

Cara membuat:
1. Bahan biang, campur tepung terigu, gula pasir, air dan ragi instan, aduk rata kemudian diamkan selama 15 menit pada suhu ruang. Bahan santan, masukkan santan kental dan santan cair, daun jeruk, serai dan kunyit bubuk, aduk sampai mendidih dengan api kecil.

2. Bahan utama, masukkan telur utuh, kuning telur, gula pasir, garam dan vanilla bubuk. Aduk hingga mengembang kemudian masukkan tepung sagu dan tepung ketan, aduk. Masukkan bahan biang ke dalam bahan utama, aduk sampai rata kemudian masukkan bahan santan, aduk sampai rata lalu diamkan selama 2 jam.

(Baca juga: Resep Sayur Bening, Menu Rumahan yang Selalu Gugah Selera )

3. Setelah diiistirahatkan, aduk kembali. Masukkan ke dalam loyang yang sudah di berikan minyak dan sudah di panaskan. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 35-40 menit dengan pintu oven sedikit terbuka dan menggunakan api bawah. Angkat dan sajikan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2500 seconds (0.1#10.140)