Bench Dapat Gantikan Fungsi Sofa yang Nyaman di Ruang Tamu

Senin, 07 Desember 2020 - 09:02 WIB
loading...
Bench Dapat Gantikan Fungsi Sofa yang Nyaman di Ruang Tamu
Tempat duduk tanpa sandaran tangan membuat ruangan makin terlihat alami. (Foto: Dok/Interlook Home Custom)
A A A
JAKARTA - ADA yang ingin Anda perbarui dengan ruang tamu Anda? Pernahkah terpikirkan untuk mengganti sofa ruang tamu?

Coba berikan suasana baru ruang tamu Anda tanpa sofa. Dalam konteks ini tetap ada tempat duduk, namun dengan tampilan berbeda. Misalnya, tempat duduk tanpa sandaran tangan dan punggung yang disebut bench.

Ukuran standar bench untuk fungsi tempat duduk yang nyaman adalah lebar minimal 40 cm dengan ketinggian 45 cm. Bench umumnya terbuat dari bahan kayu solid maupun multiplek dengan ketebalan minimal 4 cm, atau bisa juga ditutup dengan bantalan busa seperti sofa agar lebih nyaman. Selain kayu, bench juga bisa terbuat dari bahan alternatif lain seperti concrete, besi, rattan, dan lainnya.

Femmie Lusianasari, Principal Designer Interlook mengatakan, selain untuk tempat duduk, bench juga dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan tambahan agar menyiasati kebutuhan ruang penyimpanan pada ruangan yang sempit. "Tentu, biasanya ini custom sesuai dengan pesanan agar ada ruang penyimpanan tambahan di tempat duduk," tuturnya.

Model bench berdasarkan bentuk dasar terdiri dari berbentuk persegi panjang, berbentuk menyiku atau menyudut, dan bisa juga berbentuk melingkar. Bench memiliki kolong, yang dapat didesain berbagai macam sesuai kebutuhan ruangnya. Apabila kebutuhan ruang terpenuhi kolong bench bisa dikosongkan, apabila kebutuhan tuang tersebut kurang maka ruang bawah dari bench dapat difungsikan sebagai storage.

Maka custom sendiri sesuai keinginan, namun kini banyak juga toko-toko furnitur yang menjual bench dengan desain-desain yang menarik. Misalnya, bench tanpa bantalan busa alias hanya kayu atau concrete biasanya dibiarkan terekpose. Hal itu agar terlihat alami dan menggunakan finishing berupa cat coating khusus.

Idealnya, bench memang diberikan bantalan busa lalu ditutup dengan kain atau kulit sesuai kebutuhan agar tidak keras dan tetap nyaman. Berbeda dengan sofa atau tempat duduk lainnya, warna setiap bench biasanya dapat berbeda-beda menyesuaikan ambience ruangan.

Umumnya bench berwarna netral seperti putih, abu, cokelat, atau material asli macam kayu, besi, dan concrete. Beberapa bench juga dapat diberikan warna yang lebih berani sebagai warna aksen seperti merah, kuning, biru, dan lainnya.

Selain di ruang tamu, bench pun dapat difungsikan sebagai elemen dekorasi pada ruangan tertentu seperti ruang tidur, ruang makan, ruang keluarga, teras juga balkon.

Jika sudah menyiapkan tempat duduk, meja juga menjadi furnitur yang jangan sampai dilewatkan. Meja dapat disesuaikan dengan fungsi yang ada pada ruang agar menciptakan kenyamanan.

"Ruang tamu, bench pada ruangan tersebut dapat didesain lebih tinggi, sejajar, atau lebih rendah dibandingkan dengan meja. Pada ruang makan, bench dapat didesain lebih rendah dibandingkan meja agar aktifitas makan dan minum pada area meja makan lebih terasa nyaman," jelas Femmie.

Tempat duduk seperti apalagi yang cocok ditempatkan di ruang tamu? Femmie mengatakan, tempat duduk seperti armchair, pouffe, slipper chair, dan berbagai tempat duduk lainnya pun dapat diaplikasikan pada ruang tamu asalkan masih terasa nyaman ketika digunakan dan sesuai dengan konsep interior yang diterapkan pada ruangan tersebut.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)