Pakai Rempah-rembah, Resep Soto Ayam Bening Ini Terasa Gurih Banget

Senin, 07 Desember 2020 - 11:03 WIB
loading...
Pakai Rempah-rembah, Resep Soto Ayam Bening Ini Terasa Gurih Banget
Indonesia memiliki beragam jenis soto dengan rasa dan ciri khas tersendiri. Masing-masing soto mewakili setiap daerah asal. Seperti halnya Soto Ayam Bening. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki beragam jenis soto dengan rasa dan ciri khas tersendiri. Masing-masing soto mewakili setiap daerah asal. Seperti halnya Soto Ayam Bening.

Soto yang satu ini dibuat tanpa tambahan santan sehingga kuahnya bening, tetapi memiliki rasa yang gurih dan segar. Agar menambah kenikmatan saat menyantap, soto ayam disajikan bersama pelengkap, mulai dari tomat, emping hingga irisan jeruk nipis. (Baca juga: Soto Mi Buatannya Dikritik, Adit Tetap Aman dari Presure Test )

Nikmatnya soto ayam bening, cocok disantap bersama nasi. Membuatnya pun mudah. Berikut resep Soto Ayam Bening bening dikutip Cookpad.

Bahan-bahan:
1 ekor ayam
1 liter air

Bumbu halus:
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
4 butir kemiri
Lada
Daun salam
Daun jeruk
Serai
Lengkuas
Sohun, rebus
Tauge, rebus
Daun bawang seledri, iris halus
Bawang goreng
Kecap manis
Cabai rawit merah

Cara membuat:
Rebus ayam sampai empuk. Goreng ayam jangan terlalu kering, kemudian suir-suir ayam, sisihkan. Haluskan kunyit, jahe, bawang merah dan bawang putih, kemiri dan lada. Tumis, masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai yang sudah di geprek. (Baca juga: Unik, Moschino Hadirkan Tas Mirip Roti Croissant dan Baguette )

Setelah di tumis, masukkan ke dalam air kaldu ayam sisa rebusan ayam tadi. Masukkan lengkuas yang sudah di geprek. Koreksi rasa, matikan api jika sudah mendidih. Untuk sambal, rebus cabai rawit sebentar dan haluskan.

Siapkan dalam mangkok sohun, tauge, ayam suir, daun bawang seledri, bawang goreng, kecap dan sambal. Siram dengan kuah soto, dan siap dihidangkan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)