Manfaatkan Gaya Hidup Sehat untuk Usia yang Lebih Panjang

Kamis, 10 Desember 2020 - 04:38 WIB
loading...
Manfaatkan Gaya Hidup Sehat untuk Usia yang Lebih Panjang
Studi yang dipublikasikan Archives of Internal Medicine, menyatakan kebanyakan orang tak melaksanakan gaya hidup sehat. Akibatnya, bukan tak mungkin mati muda. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Salah satu kontestan Indonesian Idol yang bernama Melisha Sidabutar meninggal dunia pada usia yang masih muda, 19 tahun. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari kematian mendadak di usia muda.

Sebuah Studi yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine, menyatakan saat ini kebanyakan orang tak melaksanakan gaya hidup sehat . Akibatnya, kesehatan menjadi rentan dan bukan tidak mungkin akan mati muda. (Baca juga: Model Cantik Azka Aurada Meninggal Dunia )

“Perilaku hidup tidak sehat itu meliputi aktivitas merokok, minum alkohol, mengonsumsi makanan cepat sajin dan kurang berolahraga,” kata Behavior Change Expert, Mark Stibich seperti yang dilansir verywellhealth.

Stibich menambahkan, agar tak sampai terganggu kesehatannya, lalu merasa menyesal ketika sudah berada di ranjang rumah sakit di usia muda, ada hal-hal yang bisa dilakukan agar kualitas hidup meningkat.

Salah satu hal menurut Stibich yang bisa dilakukan adalah Istirahat yang cukup. Menurutnya daya tahan tubuh jelas akan menurun saat kurang tidur. Untuk beristirahat, tidur selama 6-8 jam per hari cukup untuk orang dewasa.

“Tidur malam yang berkualitas juga akan sangat membantu tubuh dan pikiran lebih segar keesokan harinya,” jelas Stibich.

Olahraga secara teratur juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan agar tubuh selalu bugar. Olahraga menurut Stibich bisa dilakukan satu hingga dua kali seminggu. “Olahraga secara teratur akan membantu menjaga daya tahan tubuh,” ujarnya.

Selain tidur dan olahraga, makan buah dan sayur menjadi hal yang juga penting untuk diperhatikan agar tudak mati muda. Menurut Stibich kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam buah dan sayur sangat berguna untuk tubuh.

Kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi obat-obatan terlarang, dan mengonsumsi alkohol berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan mati muda. Hal tersebut dapat mengakibatkan penyakit seperti kanker, gagal jantung, bahkan untuk perempuan dapat mengganggu kesehatan rahimnya. (Baca juga: Ada Cinta Segitiga yang Unik di Drama True Beauty )

“Dengan menghentikan kebiasaan buruk tersebut, pastilah risiko terserang penyakit berat di usia muda dapat terhindar,” ujar Stibich.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)