Kencur Bisa Menambah Nafsu Makan, Perhatikan juga 6 Khasiat Lainnya

Kamis, 10 Desember 2020 - 05:39 WIB
loading...
Kencur Bisa Menambah Nafsu Makan, Perhatikan juga 6 Khasiat Lainnya
Kencur menyimpan banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Antara lain sumber seng, pati, paraeumarin, asam kayu manis, mineral, dan nutrisi lainnya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kencur menjadi keluarga tanaman jahe yang banyak digunakan dalam berbagai masakan dan minuman Indonesia. Menariknya, kencur menyimpan banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya sumber seng, etil aster, pati, borneol, paraeumarin, asam kayu manis, mineral, dan nutrisi lainnya.

Umumnya, orang tahu jika kencur memiliki khasiat karminatif yang membantu menambah nafsu makan. Padahal, kencur memiliki banyak manfaat. Seperti dirangkum dari Health Benefits Times, berikut ulasannya. (Baca juga: Ini Alasan Pentingnya Konsumsi Temulawak di Tengah Pandemi )

1. Meningkatkan energi
Di Jepang dan Tibet, kencur dipercaya dapat meningkatkan energi, kesadaran, merelaksasi, serta mengatasi kelelahan. Caranya merebus sekira 2 cm kencur dengan segelas air dan meminumnya sebelum tidur.

2. Menurunkan kolesterol jahat
Kencur dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Empedu sendiri bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi dan menghilangkan racun seperti kolesterol jahat.

3. Sumber antioksidan
Antioksidan pada kencur efektif untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalannya.

4. Obat batuk
Kencur adalah obat alami untuk gejala batuk. Caranya parut kencur yang sudah bersih dan dikupas. Lalu peras untuk mendapatkan airnya, tambahkan perasan jeruk nipis dan madu. Minum secara teratur tiga kali sehari.

5. Mengurangi kembung
Bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, makan mentah setelah bersih dan dikupas dengan menambahkan garam. Kedua, meminum air rebusannya sebanyak satu gelas. (Baca juga: Model Cantik Azka Aurada Meninggal Dunia )

6. Mengobati otot yang terkilir
Haluskan campuran kencur dan beras, lalu terapkan ke area yang ototnya terkilir.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)