Menjelajahi Situs Warisan Dunia Yang Ada di Indonesia

Rabu, 13 Mei 2020 - 07:39 WIB
loading...
Menjelajahi Situs Warisan Dunia Yang Ada di Indonesia
Candi Prambanan merupakan salah satu Situs Warisan Dunia berbasis budaya yang dimiliki Indonesia. Foto Kemenparekraf/wikipedia/papuaid/indonesiatravel/instagram
A A A
Pernah mendengar tentang Situs Warisan Dunia? Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, istilah situs warisan dunia ini memang tengah populer. Penamaan dan penyematannya sendiri dimotori oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Situs Warisan Dunia adalah tempat yang mencerminkan suatu budaya dan alam, serta benda yang penting keberadaannya bagi umat manusia dan menjadi sebuah warisan penting bagi generasi berikutnya. UNESCO menentukan tiga kategori utama dalam penyematan Situs Warisan Dunia ini yakni, kategori situs budaya, alam dan campuran di antara keduanya. Tempat-tempat yang masuk dalam kategori tersebut bisa merupakan taman nasional, hutan, pegunungan, danau, pulau, gurun pasir, hingga suatu wilayah pedesaan dan kota.

Saat ini, UNESCO telah menetapkan lebih dari seribu tempat di dunia sebagai Situs Warisan Dunia. Dan, beberapa di antaranya ada di Indonesia. Berikut daftar Situs Warisan Dunia yang bisa Anda kunjungi untuk destinasi wisata saat liburan nanti.

Situs Warisan Dunia Berbasis Budaya:

1. Candi Borobudur

Menjelajahi Situs Warisan Dunia Yang Ada di Indonesia


Borobudur ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1991. Candi Buddha terbesar di dunia ini berdiri sangat anggun dan kokoh di atas sebuah bukit yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Tidak heran bila Borobudur tidak hanya menghadirkan wisata sejarah dan budaya tapi juga pemandangan alam yang mengesankan.

Dalam catatan sejarah disebutkan, Borobudur dibangun pada masa kejayaan Wangsa Syailendra di Pulau Jawa. Diperkirakan Candi Borobudur dibangun pada tahun 800 Masehi, antara kurun waktu 760 dan 830 Masehi. Konon, butuh waktu hingga 75-100 tahun lebih untuk menyelesaikan Candi Borobudur.

Candi ini, pernah juga masuk dalam kategori Tujuh Keajaiban Dunia. Keren bukan! Tidak salah, bila Candi Borobudur menjadi referensi terbaik bagi Anda yang mau liburan ke candi yang terletak di Jawa Tengah ini.

2. Candi Prambanan
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3480 seconds (0.1#10.140)