Liburan Aman di Masa Pandemi

Selasa, 15 Desember 2020 - 15:22 WIB
loading...
Liburan Aman di Masa Pandemi
Liburan Aman di Masa Pandemi
A A A
JAKARTA - Tak terasa kita sudah sampai di pertengahan bulan Desember, artinya liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sudah semakin dekat, dan kesempatan ini biasanya dimanfaatkan untuk berwisata dan mudik. Liburan dan mudik merupakan suasana dimana mobilitas massa sangat besar. Dimasa pandemi mobilitas masa dalam jumlah besar sangat berisiko untuk terjadinya penularan Covid-19 sehingga perlu dilakukan upaya kesiapsiagaan.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan bersama lintas program sudah mulai melakukan kegiatan pedistribusian pesan kesehatan tentang 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), etika batuk dan lainnya.

Pesan tersebut dikemas dalam bentuk poster, spanduk, banner, serta sticker dan distribusikan di tempat strategis seperti rest area, stasiun, mall, terminal, tempat ibadah, pelabuhan, tempat wisata. Kementerian Kesehatan mengajak semua masyarakat dimanapun kita berada untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, agar bisa menikmati liburan dan terhindar dari risiko penularan Covid-19.

Agar masyarakat dapat berlibur dengan aman, berikut tips liburan saat pandemi:
• Pilih tempat wisata terbuka seperti pantai, gunung atau perkebunan yang telah menerapkan protokol kesehatan.
• Pastikan semua dalam kondisi sehat, tidak batuk, pilek, demam, atau sesak nafas. Bila sakit dirumah saja.
• Siapkan masker dalam jumlah yang cukup, sabun cuci tangan atau handsanitizer.
• Siapkan juga e-money
• Hindari kerumunan
• Hindari menggunakan transportasi umum yang tidak memenuhi standar protokol kesehatan.
• Disiplin menerapkan 3M ( menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dimanapun berada.
• Saling mengingatkan untuk 3 M

Mengapa 3M penting ?
Dengan memakai masker berarti melindungi diri sendiri, masker mencegah masuknya droplet yang keluar saat batuk/ bersin/ berbicara. Melindungi orang lain, masker menahan droplet yang keluar saat kita batuk/ bersin/ berbicara sehinga tidak menularkan orang lain.

Mencuci tangan. Virus mati dengan sabun dan air mengalir . Lakukan 6 langkah cuci tangan dengan benar selama minimal 20 detik.

Menjaga jarak, droplet yang keluar saat kita batuk, jika tanpa masker bisa meluncur sampai 2 meter, dan bersin sampai 6 meter. Dengan demikian jaga jarak bisa mengurangi risiko tertular.

Momen libur bersama juga sering digunakan untuk silahturahmi, merekatkan kehangatan dengan saudara atau kerabat. Bila berkunjung ke sanak sudara tetap terapkan protocol kesehatan dan zonasi aman Covid-19. Tidak bersalaman, tidak cipika cipiki atau bersentuhan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah waktu makan bersama, tentunya buka masker, duduk berdekatan dan sambil ngobrol . Agar lebih aman dari penularan Covid-19 harus duduk berjarak minimal 1 m dan batasi makan sambil bicara.

Pilihan paling bijak untuk mengisi libur panjang adalah dengan liburan di rumah saja. Ciptakan kegiatan yang seru untuk anggota keluarga seperti game, wisata virtual, memasak . Yang pasti aman untuk seluruh keluarga dan tentunya hemat.

Salam sehat, tetap semangat dan gembira.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2798 seconds (0.1#10.140)