Filosofi Album 20:20 Fiersa Besari

Selasa, 15 Desember 2020 - 22:48 WIB
loading...
Filosofi Album 20:20 Fiersa Besari
Fiersa Besari mengejutkan fans dengan album baru 20:20, setelah sebelumnya sukses dengan album 11:11, Tempat Aku Pulanng, dan Konspirasi Alam Semesta. Foto/Istimewa.
A A A
BANDUNG - Fiersa Besari mengejutkan penggemarnya dengan merilis album baru bertajuk 20:20 pada Kamis (31/12), setelah sebelumnya dia sukses dengan album 11:11 yang dirilis pada 2012, Tempat Aku Pulang (2014), dan Konspirasi Alam Semesta (2015).

Mirip dengan album 11:11 yang memiliki makna di balik angka tersebut. Album 20:20 pun demikian. Angka 20:20 memiliki filosofi 2020 sebagai tahun perilisan album teranyarnya. Di sisi lain, jika 20 ditambah 20 menghasilkan angka 40, maka angka 4 menandakan album ke-4. (Baca juga: V BTS Nggak Sabar Pengin Rilis Mixtape )

Menariknya lagi, album ini berisi 16 lagu, terdiri dari 12 lagu lama dan 4 lagu baru, yakni Daftar Orang Hilang, Kamu, Melawan Hati, dan Namamu. Namun demikian, sebenarnya 4 tembang itu sudah lama ditulis Fiersa, tetapi baru dilakukan proses rekaman di tahun ini sehingga menjadi begitu unik lantaran dirinya dipaksa mengingat kembali barisan-barisan nada dalam ingatannya. “Merawat ingatan memang mahal,” kata Fiersa.

Lagu baru pertama yang siapkan berjudul Daftar Orang Hilang. Lagu ini menceritakan para aktivis dan demonstran yang hilang entah ke mana. “Dan meskipun fisik mereka tak terlihat tapi perjuangannya akan terus diwariskan. Tak akan padam walau dibungkam,” tuturnya.

Sementara, untuk tembang Kamu dan Melawan Hati. Penyanyi bersuara merdu ini memilih duet. Lagu Kamu, dia kompak nyanyi bareng Bem Andry. “Ini yang unik. Untuk pertama kalinya saya membawakan lagu ciptaan orang lain, yaitu sahabat saya, Bem Andry,” ujar dia.

Adapun tembang Melawan Hati, Fiersa mengaku kesulitan mendapatkan teman duet. Hingga dia mendapatkan satu nama. Hasilnya, Fiersa berkolaborasi dengan Prinsa Mandagie.
Filosofi Album 20:20 Fiersa Besari

“Enggak gampang mencari kawan yang mau featuring. Ketika pada akhirnya saya dan Prinsa Mandagie sepakat bekerja sama, pengerjaan kontrak dan rekaman berjalan beriringan karena ngejar deadline. Haha,” kenangnya sembari tertawa.

Lagu Kamu sendiri berceritanya tentang seseorang yang ingin pergi dan membunuh perasaannya sendiri dan ternyata, tembang itu menjadi kilas sejarah perjalan cintanya dengan sang istri, Aqia Nur Fadla. Lagu Kamu inilah yang mengiringi perjalanannya mendapatkan sang tambatan hati.

“Temanya rahasia ya. Mungkin nanti bisa diresapi sambil didengarkan,” ujar penyanyi kelahiran 3 Maret 1984. (Baca juga: Babak Showcase Indonesian Idol Special Season, Begini Cara Vote Kontestan Favoritmu lewat Aplikasi RCTI+ )

Selain empat lagu baru, 12 lagu lama lainnya yaitu Cerita Rakyat, Belum Punah, Dirgahayu, Bukan Lagu Valentine, Obsesi, Terima kasih dan Maaf, Selindung, Salahkah Mengalah, Lekas Pulih, Pemeran Pengganti, Lagu Dua Kunci, dan Cerita Panjang di Hidup yang Singkat.

“Jadi yang 12 ini memang awalnya dibuat karena iseng, seliweran di dunia maya, dan kayaknya sudah waktunya untuk dirapikan,” tutur dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)