Rasa Gatal dan Ketombe Bisa Dikendalikan, Begini Caranya

Rabu, 16 Desember 2020 - 07:04 WIB
loading...
Rasa Gatal dan Ketombe Bisa Dikendalikan, Begini Caranya
Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko ketombe atau mengendalikannya melalui gaya hidup dan pengobatan rumahan. / Foto: Ilustrasi/Coach Mag UK
A A A
JAKARTA - Rasa gatal dan ketombe hampir selalu bisa dikendalikan. Untuk ketombe ringan, pertama-tama coba bersihkan setiap hari dengan sampo lembut guna mengurangi penumpukan minyak dan sel kulit.

(Baca juga: Berisiko Terinfeksi, Bolehkah Wanita Hamil Disuntik Vaksin Covid-19? )

Apabila hal tersebut tidak membantu, cobalah sampo obat ketombe. Anda mungkin perlu mencoba lebih dari satu sampo untuk menemukan rutinitas perawatan rambut yang cocok.

Di sisi lain, Anda membutuhkan perawatan berulang atau jangka panjang. Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko ketombe atau mengendalikannya melalui gaya hidup dan pengobatan rumahan. Berikut ulasannya seperti dilansir Mayoclinic, Selasa (15/12).

1. Belajar mengelola stres

Stres memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan, membuat tubuh rentan terhadap sejumlah kondisi dan penyakit. Bahkan dapat membantu memicu ketombe atau memperburuk gejala yang sudah ada.

2.Konsumsi makanan yang sehat

Pola makan yang cukup mengandung seng, vitamin B, dan jenis lemak tertentu dapat membantu mencegah ketombe.

3. Sering-seringlah keramas

Jika Anda cenderung memiliki kulit kepala berminyak, keramas setiap hari dapat membantu mencegah ketombe. Pijat lembut kulit kepala untuk melonggarkan serpihan. Bilas sampai bersih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)